Firdaus, Rahmad (2023) PEMBUATAN KARAKTER MODEL 3D “HERO API DAN TANAH” PADA VIDEO PENGANTAR PENGHARGAAN BOIM 2023. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (252kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (762kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (998kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Rahmad Firdaus.rar Restricted to Repository staff only Download (41MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (523kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dari tahun ketahun khususnya multimedia sangatlah pesat salah satunya di bidang teknologi citra tiga dimensi (3D). Fitur-fitur seperti modeling, texturing, dan rigging pada teknologi informasi memungkinkan modifikasi objek dalam animasi 3 dimensi. Permodelan 3D adalah proses mengembangkan representasi matematis dari setiap permukaan objek tiga dimensi melalui perangkat lunak khusus, dan produk yang dihasilkan bernama model 3D. BOIM atau “Battle Of Indie Multimedia” adalah agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknologi Informasi dan rumpun Asisten matakuliah Multimedia. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memberikan pengakuan atas karya-karya mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta di bidang multimedia. Pada tahun 2023, BOIM mengadopsi tema "Expect The Unexpected" membutuhkan visual animasi 3 dimensi yang akan digunakan sebagai sajian video konten pengantar yang menggambarkan hambatan dari mahasiswa yang telah menjalani perkuliahan secara luar jaringan setelah kembali dari masa pandemi covid-19 yang diilustrasikan menjadi pertarungan antara monster dan mahasiswa. Berdasarkan uraian diatas maka dibutuhkan karakter 3D model untuk menjadi aset animasi 3D untuk mewujudkan ilustrasi pertarungan 3 dimensi antara monster dan mahasiswa. Metode yang digunakan untuk pembuatan penelitian ini adalah pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara dan observasi, analisis yang meliputi kebutuhan fungsional dan non fungsional, produksi yang meliputi pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Lalu dilanjutkan melakukan evaluasi atau pengujian menggunakan alpha testing dan beta testing. Hasil uji yang telah dibahas oleh supervisor dan ahli akan ditindak lanjuti sebagai saran. Dari hasil uji kebutuhan visual dengan menggunakan teknik aplha dan beta testing didapatkan bahwa semua poin kebutuhan visual terpenuhi dan mendapatkan hasil uji kelayakan dengan skor 90,67% atau dapat dikategorikan “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | 3 Dimensi, 3D Animasi, 3D Model, 3D Modelling, BOIM 2023 | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Sep 2023 03:22 | ||
Last Modified: | 06 Sep 2023 03:22 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21122 |
Actions (login required)
View Item |