PEMBUATAN ANIMASI 2D PADA SCENE "PERTARUNGAN WATERBENDING" UNTUK PEMBUKA NOMINASI PHOTOGRAPHY ARCHITECTURE PADA ACARA BOIM 2023

Al Azhar, Fatahillah Azam (2023) PEMBUATAN ANIMASI 2D PADA SCENE "PERTARUNGAN WATERBENDING" UNTUK PEMBUKA NOMINASI PHOTOGRAPHY ARCHITECTURE PADA ACARA BOIM 2023. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Fatahillah Azam Al Azhar.rar
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Animasi digital 2D dengan teknik frame by frame adalah proses pembuataanimasi di mana setiap frame atau gambar individu dibuat secara digital. Teknik inmemungkinkan animator untuk membuat gerakan yang halus dan teratur dengan mengambil perubahan kecil dari setiap frame sebelumnya. Dalam pembuataanimasi, animator dapat menggunakan perangkat seperti tablet grafis atau mousedan menggunakan fitur onion skin untuk melihat frame sebelum dan sesudah saatmembuat animasi. Dengan menggunakan teknik frame by frame, animator dapamengontrol timing dan tempo gerakan dengan presisi untuk memvisualisasikan adegan yang dibuat. BOIM "Battle Of Indie Multimedia" adalah sebuah acara tahunan yandiadakan oleh Program Studi Teknologi dan rumpun Asisten Multimedia, bertujuanuntuk memberikan penghargaan pada karya-karya mahasiswa Universitas AmikomYogyakarta yang tertarik dalam bidang multimedia. Pada tahun 2023, BOIM tahun ini mengusung tema "Expect the Unexpected". Untuk menggambarkan tematersebut, dibutuhkan sebuah video pendahuluan yang menunjukkan tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa selama belajar dari jarak jauh akibat pandemi Covid-19,dan menampilkan pertarungan antara monster dan mahasiswa. Pembuatan videotersebut memerlukan konten video berupa animasi 2D agar pertarungan tersebut dapat divisualisasikan dengan baik Untuk membuat animasi ini, digunakan beberapa aplikasi seperti Toonboom Harmony, Adobe Animate, atau TVPaint lalu dilanjutkan denganAdobe After Effect dan Adobe Premiere. Proses pembuatan dimulai dengan pembuatan cerita, storyboard animasi, pembuatan karakter dan latar belakang,proses animasi, dan akhirnya dilakukan compositing yang menghasilkan video animasi 2D dengan estimasi durasi 25 detik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Animasi, 2D, Grafis, BOIM
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Sep 2023 01:45
Last Modified: 06 Sep 2023 01:45
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21080

Actions (login required)

View Item View Item