{SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PERAN DIRECT OF PHOTOGRAPHY DALAM PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA”

Akbar, Alif Abdillah (2023) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PERAN DIRECT OF PHOTOGRAPHY DALAM PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (450kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Skema Artis Content Creator Source Code - Alif Abdillah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Skema Artis Content Creator Publikasi - Alif Abdillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan banyak hal. Seperti adanya media sosial yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Media sosial digunakan sebagai alat komunikasi dan berinteraksi satu sama lain, kapan dan dimana saja, tanpa harus melakukan tatap muka secara langsung. Oleh karena itu, media sosial juga digunakan sebagai media promosi bagi perusahaan untuk menawarkan produknya dalam bentuk iklan. Adanya iklan yang diproduksi bertujuan untuk memberikan daya tarik khalayak terhadap iklan yang dipromosikan, sehingga memberikan sebuah keuntungan bagi perusahaan tersebut. Untuk mendapatkan sebuah hasil iklan yang baik tentunya memiliki teori-teori yang mendukung dalam produksinya. Pada pembuatan iklan layanan masyarakat berjudul “Bijak Bermedia” penulis menggunakan teori sinematografi, yaitu compotition, angle camera, type of shot untuk menggunakan dan menganalisis sudut pandang sebagai pendukung teori utama. Produksi iklan ini bertujuan untuk membentuk kesadaran masyarakat dan memberi informasi mengenai dampak dari penggunaan media sosial secara tidak bijak. Penyampaian informasi ini menggunakan gambaran dari perilaku pelanggaran kebebasan berpendapat serta akibat dari perilaku tersebut. Pada iklan layanan masyarakat tersebut mengambil audience yang berusia remaja hingga dewasa dan tidak memiliki batas gender didalamnya. Pada karya tersebut lebih berfokus pada pergerakan pemain secara keseluruhan dari pada ucapan dan juga detail-detail pergerakan kecil yang dapat menambah tersampaikannya pesan dan emosi kepada penonton. Proses produksi iklan layanan masyarakat terdapat beberapa peran penting untuk berjalannya proses pembuatan iklan layanan masyarakat “Bijak Bermedia”. Penulis memproduksi sebuah iklan layanan masyarakat bertema “Ujaran Kebencian” dalam bentuk video berdurasi 1 menit dengan judul “Bijak Bermedia”. Keunikan dalam video ini adalah penggunaan sudut pandang yang diambil dari pelaku ujaran kebencian yang menampilkan dampak secara panjang dari perilaku ujaran kebencian

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudhistira, Nurfian
Uncontrolled Keywords: Iklan layanan masyarakat, Sinematografi, Media sosial
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 05 Sep 2023 02:05
Last Modified: 05 Sep 2023 02:05
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21010

Actions (login required)

View Item View Item