Akbar, Alif Abdillah (2023) {SKEMA ARTIS CONTENT CREATOR} PERAN DIRECT OF PHOTOGRAPHY DALAM PRODUKSI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BIJAK BERMEDIA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (450kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (75kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (514kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Skema Artis Content Creator Source Code - Alif Abdillah.zip Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Skema Artis Content Creator Publikasi - Alif Abdillah.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
Abstract
Teknologi yang semakin berkembang sangat memudahkan masyarakat dalam melakukan banyak hal. Seperti adanya media sosial yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Media sosial digunakan sebagai alat komunikasi dan berinteraksi satu sama lain, kapan dan dimana saja, tanpa harus melakukan tatap muka secara langsung. Oleh karena itu, media sosial juga digunakan sebagai media promosi bagi perusahaan untuk menawarkan produknya dalam bentuk iklan. Adanya iklan yang diproduksi bertujuan untuk memberikan daya tarik khalayak terhadap iklan yang dipromosikan, sehingga memberikan sebuah keuntungan bagi perusahaan tersebut. Untuk mendapatkan sebuah hasil iklan yang baik tentunya memiliki teori-teori yang mendukung dalam produksinya. Pada pembuatan iklan layanan masyarakat berjudul “Bijak Bermedia” penulis menggunakan teori sinematografi, yaitu compotition, angle camera, type of shot untuk menggunakan dan menganalisis sudut pandang sebagai pendukung teori utama. Produksi iklan ini bertujuan untuk membentuk kesadaran masyarakat dan memberi informasi mengenai dampak dari penggunaan media sosial secara tidak bijak. Penyampaian informasi ini menggunakan gambaran dari perilaku pelanggaran kebebasan berpendapat serta akibat dari perilaku tersebut. Pada iklan layanan masyarakat tersebut mengambil audience yang berusia remaja hingga dewasa dan tidak memiliki batas gender didalamnya. Pada karya tersebut lebih berfokus pada pergerakan pemain secara keseluruhan dari pada ucapan dan juga detail-detail pergerakan kecil yang dapat menambah tersampaikannya pesan dan emosi kepada penonton. Proses produksi iklan layanan masyarakat terdapat beberapa peran penting untuk berjalannya proses pembuatan iklan layanan masyarakat “Bijak Bermedia”. Penulis memproduksi sebuah iklan layanan masyarakat bertema “Ujaran Kebencian” dalam bentuk video berdurasi 1 menit dengan judul “Bijak Bermedia”. Keunikan dalam video ini adalah penggunaan sudut pandang yang diambil dari pelaku ujaran kebencian yang menampilkan dampak secara panjang dari perilaku ujaran kebencian
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Iklan layanan masyarakat, Sinematografi, Media sosial | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 05 Sep 2023 02:05 | ||
Last Modified: | 05 Sep 2023 02:05 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/21010 |
Actions (login required)
View Item |