Sulistyo, Bowo (2023) KONTRUKSI PESAN PADA LOGO PINARAK BOJONEGORO SEBAGAI BRANDING PARIWISATA BOJONEGORO. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (277kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (82kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melaunching logo Pinarak Bojonegoro sebagai branding pariwisata Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2019. Setelah peluncuran logo tersebut, pariwisata Kab. Bojonegoro mengalami kenaikan jumlah pengunjung wisata. Namun dibalik pengaruh positif branding Pinarak Bojonegoro tersebut, masih terdapat pihak yang menilai bahwa branding pariwisata Bojonegoro membingungkan karena belum adanya icon wisata Bojonegoro. Hal tersebut berkaitan dengan logo Pinarak Bojonegoro sebagai media penyampai pesan dan citra branding Pinarak Bojonegoro. Logo Pinarak Bojonegoro sebagai elemen branding dan elemen komunikasi visual dalam hal ini mengalami kesalahpahaman penyampaian atau penerimaan pesan. kesalahpahaman tersebut membuat pesan dan citra branding belum tersampaikan dengan sempurna. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji tentang kontruksi pesan pada logo Pinarak Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme dengan metode penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan studi pustaka. Semiotika Charles Sanders Peirce mengkaji makna tanda dalam logo Pinarak Bojonegoro dan mengkaitkannya dengan teori dan data penelitian yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan pada logo Pinarak Bojonegoro yang memanfaatkan teori gestalt untuk menyampaikan pesan ingin memberikan persepsi kepada masyarakat bahwa masyarakat Bojonegoro dengan keramahan dan kesopanan terbuka kepada masyarakat luar daerah untuk berwisata ke Kab. Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Logo, Semiotika, Charles Sanders Peirce, Teori Gestalt, Pinarak Bojonegoro | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Sep 2023 07:54 | ||
Last Modified: | 04 Sep 2023 07:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20998 |
Actions (login required)
View Item |