POLA KOMUNIKASI PENGASUH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PANTI ASUHAN BINA SIWI, BANTUL

Wibowo, Nurhuda Wahyu Aji (2023) POLA KOMUNIKASI PENGASUH DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PANTI ASUHAN BINA SIWI, BANTUL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (725kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) merupakan anak berkarakter khusus yang umumnya berbeda dengan anak lain yang menunjukan ketidakmampuan secara fisik, mental, maupun emosi yang akan berpengaruh secara signifikan baik dari proses pertumbuhan ataupun perkembangannya dibandingkan dengan anak-anak normal yang seusia dengannya. Dengan kondisi disabilitas tersebut, ABK perlu juga mendapatkan perawatan kesehatan serta wajib mendapatkan pendidikan yang layak. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pengasuh dalam membentuk karakter Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Panti Asuhan Bina Siwi Bantul. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pola komunikasi yang ditekankan dalam pengasuhan yaitu menggunakan pola komunikasi interpersonal. Hasil pada penelitian ini menunjukkan dalam membentuk karakter ABK di Panti Asuhan Bina Siwi yaitu pengasuh menggunakan pola komunikasi Interpersonal dengan mengajarkan beberapa kegiatan seperti keagamaan, keterampilan yang meliputi pembuatan pakaian, celana, daster, tas, dan keset, serta kegiatan kesenian yang contohnya musik hadroh, musik gamelan, band musik, selain itu diajarkan bercocok tanam dan juga beternak. Relevansi dengan tahapan penetrasi sosial pada Tahap Orientasi, pengasuh dan ABK saling berkenalan dan berbagi informasi umum. Mereka saling memahami karakteristik masing-masing dan memulai proses penyesuaian dalam mengasuh ABK. Pada Tahap Aktif Eksplorasi Individu mulai membuka diri dan mengeksplorasi minat dan kesukaan satu sama lain. Pada Tahap Pertukaran Ajektif, pengasuh dan ABK saling berbagi informasi privasi yang tidak diketahui oleh semua orang. Pada Tahap Pertukaran Stabil, hubungan menjadi lebih dalam dan intim, dengan pertukaran informasi tentang nilai-nilai, kepercayaan, dan cara pandang terhadap sesuatu.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saidah, Zahrotus
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Panti Asuhan Bina Siwi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Sep 2023 07:22
Last Modified: 04 Sep 2023 07:22
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20987

Actions (login required)

View Item View Item