Perdana, Rizky Putra (2023) POLA KOMUNIKASI GAMERS MOBILE LEGENDS DI YOGYAKARTA (STUDI PADA KOMUNITAS MOBILE LEGENDS DI YOGYAKARTA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (573kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (104kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
Abstract
Komunikasi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hubungan antar manusia dalam kehidupannya sehari hari. Dari komunikasi yang terjalin, akan menjadikan sebuah pola komunikasi. Komunikasi tidak hanya terjadi antar individu saja, yakni juga terjadi antar kelompok atau komunitas. Sekarang ini, banyak komunitas yang sedang berkembang, salah satunya komunitas gamers. Dunia game bisa dibilang sangat digemari masyarakat, termasuk di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjadi sehari hari antar gamers pada media sosial, dengan menggunakan teori CMC. Metode pada penelitian ini menggunakan kualitatif (deskriptif) dengan paradigma konstruktivisme. Subjek pada penelitian ini ialah 4 orang gamer yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi yang ada dalam teori CMC saling berkaitan satu sama lain, sehingga menghasilkan sebuah komunikasi. Komunikasi yang terjalin diantara para gamer juga melibatkan dimensi dimensi tersebut. Dari situlah diketahui pola apa saja yang terjadi dalam komunikasi dikomunitas gamer ini. Komunitas ini sendiri menggunakan media sosial untuk berkomunikasi. Mereka juga sering berbagi informasi melalui kedua media sosial tersebut, karena jangkauan yang luas dan aksesnya yang mudah serta penyebaran informasi yang tentunya lebih cepat.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, Pola Komunikasi, CMC, Gamer, Media Sosial | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Sep 2023 04:19 | ||
Last Modified: | 23 Jan 2024 07:38 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20944 |
Actions (login required)
View Item |