POLA KOMUNIKASI GAMERS MOBILE LEGENDS DI YOGYAKARTA (STUDI PADA KOMUNITAS MOBILE LEGENDS DI YOGYAKARTA)

Perdana, Rizky Putra (2023) POLA KOMUNIKASI GAMERS MOBILE LEGENDS DI YOGYAKARTA (STUDI PADA KOMUNITAS MOBILE LEGENDS DI YOGYAKARTA). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)

Abstract

Komunikasi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hubungan antar manusia dalam kehidupannya sehari hari. Dari komunikasi yang terjalin, akan menjadikan sebuah pola komunikasi. Komunikasi tidak hanya terjadi antar individu saja, yakni juga terjadi antar kelompok atau komunitas. Sekarang ini, banyak komunitas yang sedang berkembang, salah satunya komunitas gamers. Dunia game bisa dibilang sangat digemari masyarakat, termasuk di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terjadi sehari hari antar gamers pada media sosial, dengan menggunakan teori CMC. Metode pada penelitian ini menggunakan kualitatif (deskriptif) dengan paradigma konstruktivisme. Subjek pada penelitian ini ialah 4 orang gamer yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi yang ada dalam teori CMC saling berkaitan satu sama lain, sehingga menghasilkan sebuah komunikasi. Komunikasi yang terjalin diantara para gamer juga melibatkan dimensi dimensi tersebut. Dari situlah diketahui pola apa saja yang terjadi dalam komunikasi dikomunitas gamer ini. Komunitas ini sendiri menggunakan media sosial untuk berkomunikasi. Mereka juga sering berbagi informasi melalui kedua media sosial tersebut, karena jangkauan yang luas dan aksesnya yang mudah serta penyebaran informasi yang tentunya lebih cepat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mahendra P, Angga Intueri
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Pola Komunikasi, CMC, Gamer, Media Sosial
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:19
Last Modified: 23 Jan 2024 07:38
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20944

Actions (login required)

View Item View Item