IMPLEMENTASI METODE MULTINOMINAL SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK ANALISA SENTIMEN TERHADAP LAYANAN INDIHOME PADA SOCIAL MEDIA TWITER

Wardani, Didin Kusuma (2023) IMPLEMENTASI METODE MULTINOMINAL SUPPORT VECTOR MACHINE UNTUK ANALISA SENTIMEN TERHADAP LAYANAN INDIHOME PADA SOCIAL MEDIA TWITER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (772kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Didin Kusuma Wardani.zip
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi - Didin Kusuma Wardani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB)

Abstract

Kemajuan zaman seperti ini, internet menjadi kebutuhan setiap insan untuk mencari berbagai hal. Banyak pengguna internet di zaman ini terus berkembang pesat. Internet sendiri memiliki berbagai macam manfaat seperti mencari informasi, menonton video, bermain game online dan masih banyak hal lainnya. Indonesia mempunyai jasa penyedia internet salah satunya Indihome. Indihome merupakan layanan intenet yang diresmikan oleh PT. Telkom Indonesia pada tahun 2015. Biasanya pengguna internet mencari informasi melalui media sosial salah satunya Twitter. Twitter merupakan media sosial yang dapat memuat informasi secara realtime yang dimana informasi tersebut berasal dari pengguna Twitter itu sendiri. Indihome mempunyai akun media sosial Twitter yang bertujuan untuk mempromosikan produk Indihome dan menerima keluhan pengguna Indihome itu sendiri. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu menganalisis sentiment keluhan pelanggan Indihome menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) melalui media sosial Twitter. Data keluhan para pelanggan Indihome diambil mulai dari 29 September 2022 sampai 27 Oktober 2022 dan dapat dikumpulkan sebanyak 1513 data. Kemudian data tersebut dibagi menjadi tiga akelas diantaranya negatif sebanyak 537 data, netral sebanyak 520 data, dan positif sebanyak 456 data. Selanjutnya data dibagi menjadi dua bagian yaitu data latih sebanyak 1210 data dan data uji 303 data. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan rata-rata nilai akurasi sebesar 80,52%. Selanjutnya hasil pengujian perhitungan dengan metode SVM diperoleh rata-rata precission 80,66%, recall 80,33%, dan f1-score 80,66%.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sasongko, Theopilus Bayu
Uncontrolled Keywords: Analisis sentimen, Support Vector Machine (SVM), Indihome, Twitter
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Aug 2023 03:07
Last Modified: 29 Sep 2023 07:45
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20884

Actions (login required)

View Item View Item