{NON SKRIPSI MAGANG} ANALISIS SENTIMEN PROFIL INSTAGRAM

Andre, Andre (2023) {NON SKRIPSI MAGANG} ANALISIS SENTIMEN PROFIL INSTAGRAM. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (662kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Laporan Magang Source Code - Andre.zip
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial mempengaruhi perubahan cara berkomunikasi pada masyarakat. Salah satu media sosial yang sering digunakan yaitu Instagram. Instagram menjadi media untuk bersosialisasi dan mengekspresikan diri. Seiring perkembangan teknologi, fungsinya bergeser menjadi sarana untuk melakukan kegiatan bisnis. Dalam proses bisnis opini dari pelanggan merupakan hal yang penting untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, untuk mengetahui apakah akun instagram yang digunakan digemari atau tidak oleh publik dapat dilakukan analisis sentimen dari komentar yang ada pada akun. Analisis sentimen merupakan proses untuk memahami isi teks dan dikelompokan kedalam beberapa jenis kategori sentimen. Untuk mempermudah dan mempersingkat waktu pengumpulan data dibuat scraper yang secara otomatis akan mengambil data berdasarkan username akun instagram. Untuk melakukan analisis sentimen dengan cepat dilakukan menggunakan model machine learning menggunakan metode klasifikasi. Agar model dapat mengetahui makna setiap data teks dilakuakan proses ekstraksi fitur TF-IDF. Sebelum data diolah oleh model data dibersihkan menggunakan metode preprocessing cleaning, case folding, tokenizing, dan normalization. Data berisi 4066 data dengan pembagian label sentimen positif dan negatif, serta pembagian 80% untuk data latih dan 20% untuk data uji. Model yang digunakan memiliki akurasi 85.26% dan runtime 0.8 detik yang dihasilkan dari multi-model terhadap tiga model machine laerning yaitu Support Vector Machine, Naive Bayes, dan Random Forest dengan menerapakan hyperparameter tuning. Dikarenakan analisis sentimen pada dasarnya merupakan hal subjektif maka dibuat sistem yang menfasilitasi pengguna untuk membuat model sesuai dengan preferensi mereka.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hadinegoro, Arifiyanto
Uncontrolled Keywords: Analisis sentimen, Preprocessing, Instagram, Model machine learning
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Jul 2023 04:21
Last Modified: 25 Jul 2023 04:21
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20804

Actions (login required)

View Item View Item