Kurnianingsih, Rahayu Dewi (2022) {SKEMA ENTREPRENEUR - BUSINESS PLAN} STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA CV. YCA INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
![]() |
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text (ISI)
BAB II-VIII.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IX)
BAB IX.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
![]() |
Archive (SOURCE CODE)
Kewirausahaan - Jalur Business Plan Source Code - Rahayu Dewi Kurnianingsih.zip Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (PUBLIKASI)
Kewirausahaan - Jalur Business Plan Publikasi - Rahayu Dewi Kurnianingsih.pdf Restricted to Repository staff only Download (591kB) |
Abstract
Skripsi ini berisi mengenai strategi pengembangan usaha CV. YCA Indonesia, yaitu sebuah lembaga pelatihan menggunakan metode NLP (Neuro-Linguistic Programming) sebagai solusi dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi mahasiswa dengan sistem kaderisasi yang berkelanjutan. NLP adalah sebuah pendekatan komunikasi, pengembangan pribadi, dan psikoterapi yang mempelajari struktur internal seseorang dan bagaimana struktur tersebut dapat didesain untuk tujuan yang bermanfaat bagi orang tersebut. Permasalahan yang ingin dibahas yaitu perusahaan belum mampu memaksimalkan strategi untuk mengembangkan sistem bisnis secara nasional hingga internasional. Sehingga, penulis membantu membuat strategi perusahaan untuk meningkatkan sistem bisnis yang terkaderisasi agar dapat berkelanjutan baik secara daring maupun luring. Solusi yang diberikan adalah perusahaan menyediakan jasa pelatihan komunikasi di depan umum serta leadership dengan fokus ke penerapan praktik hingga 70% dibantu dengan penggunaan teknologi seperti aplikasi maupun dalam bentuk hardware yang dapat dihubungkan dengan software yang dapat dilihat hasilnya pada smartphone. Untuk produk utamanya yaitu kelas public speaking, sedangkan kelas pendukung lainnya seperti kelas leadership, negosiasi, manajemen tim, presentasi, dan pelatihan untuk organisasi. Untuk tim bisnis lembaga terbagi menjadi 6 bagian meliputi tim manajerial, admin&keuangan, human resources,tim marketing, tim trainer, dan riset development. Untuk target pelanggan YCA yaitu mahasiswa usia 18-23 tahun dengan target primer Kota Yogyakarta dan target sekunder yaitu 5 kota besar di Indonesia, yang mana memiliki psikologi behaviour anak-anak muda yang ingin menjadi public speaker, mahasiswa yang ingin mengekspresikan dirinya, dan professional muda yang ingin mengembangkan potensi dirinya melalui kemampuan komunikasi. Untuk meningkatkan pemasaran, YCA Indonesia bekerjasama dengan banyak partner baik dari segi produksi (training kit) maupun pemasaran (bekerjasama dengan lembaga public speaking internasional). Selain itu, YCA mengajak kerjasama untuk menambah pendapatan melalui penjualan kelas secara online dalam bentuk video pembelajaran dan aplikasi tambahan. Dalam jangka panjang, YCA Indonesia ingin menjadi lembaga komunikasi internasional yang dapat membantu segmentasi pasar untuk mengembangkan diri dan menambah program pengembangan alumni agar semakin banyak alumni yang dapat meningkatkan nilai dalam diri mereka.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pelatihan komunikasi, Strategi pengembangan bisnis, Neuro Linguistic Programming, Bisnis model canvas | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 338.04 Kewirausahaan | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Kewirausahaan | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 25 Jul 2023 04:15 | ||
Last Modified: | 25 Jul 2023 04:15 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |