Dewantoro, Marcelinus Prabandaru (2023) ANALISIS ISI KUANTITATIF SINEMATOGRAFI IKLAN BUKALAPAK SERI “BU LINDA". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (243kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (61kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (679kB) |
Abstract
Dalam pembuatan film atau iklan, sinematografi sangat diperlukan dalam pembentukan visual serta alur cerita dari suatu film atau iklan. Teknik sinematografi ini meliputi komposisi gambar, angle gambar, moving gambar, tata cahaya, dan lain-lain. Pada penelitian ini juga akan diteliti teknik sinematografi yang digunakan pada iklan Bukalapak seri “Bu Linda” dengan menggunakan indikator dari teori Joseph V. Mascelli A.S.C yakni composition, angle shot, type shot, camera movement, dan cutting. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis isi (content analysis) dengan pendekatan secara kuantitatif. Uji reliabilitas dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus Holsti untuk mengukur reliabilitas antar pengkoder dengan data nominal dalam bentuk persentase. Beberapa kategori yang digunakan dalam penelitian ini melitputi aspek komposisi, angle shot, type shot, camera movement, dan cutting sesuai dengan unsur-unsur sinematografi Joseph V. Mascelli A.S.C. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa teknik composition yang paling banyak digunakan adalah rule of third dengan persentase 34,3%. Untuk teknik angle shot yang paling banyak digunakan adalah eye level/normal angle sebanyak 75,9%. Untuk teknik type shot yang paling banyak digunakan adalah medium shot sebanyak 54,6%. Kemudian untuk teknik camera movement yang paling banyak digunakan adalah dolly in/dolly out angle sebanyak 32,0%. Terakhir untuk teknik cutting yang paling banyak digunakan adalah cut away sebanyak 49,1%.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Analisis isi, Bukalapak, Sinematografi, Iklan | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jul 2023 01:35 | ||
Last Modified: | 20 Jul 2023 01:35 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20558 |
Actions (login required)
View Item |