STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENANGANI PEMBELAJARAN SISWA DISGRAFIA DI SDN 2 JAMBEYAN

Saputra, Andrean Adi (2023) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENANGANI PEMBELAJARAN SISWA DISGRAFIA DI SDN 2 JAMBEYAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (66kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Menangani Pembelajaran Siswa Disgrafia Di SDN 2 Jambeyan” yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan guru kelas dalam proses pembelajaran bagi siswa disgrafia. Komunikasi interpersonal secara umum adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, masinh-masing orang yang terlibat dalam komunikasi tersebut saling mempengaruhi persepsi lawan komunikasinya. Bentuk khusus komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi diadik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori interaksi simbolik Menurut George Herbert Mead, komsep dasar interaksi simbolik adalah mind, self dan society (West & Turner, 2008). SDN 2 Jambeyan merupakan sekolah yang terdapat siswa disgrafia, siswa yang mengalami gangguan belajar yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang dalam menuliskan huruf atau kata dengan benar. Terdapat 12 siswa yang mengalami disgrafia dari jumlah 75 isswa mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi kepada masing-masing guru kelas yang dipilih dengan teknik triangulasi waktu yaitu penulis melakukan pengecekan dengan wawancara, observasi atau teknik lain dalam waktu dan situasi yang berbeda. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi komunikasi interpersonal dalam berkomunikasi dengan siswanya yang dilakukan dengan pendekatan secara individu atau satu persatu yang mana siswanya dikelilingi dan didekati satu persatu.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saidah, Zahrotus
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi interpersonal, Interaksi simbolik, Disgrafia
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:22
Last Modified: 16 Aug 2023 07:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20540

Actions (login required)

View Item View Item