Saputra, Andrean Adi (2023) STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENANGANI PEMBELAJARAN SISWA DISGRAFIA DI SDN 2 JAMBEYAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (288kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (551kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (321kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Menangani Pembelajaran Siswa Disgrafia Di SDN 2 Jambeyan” yang bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi interpersonal yang diterapkan guru kelas dalam proses pembelajaran bagi siswa disgrafia. Komunikasi interpersonal secara umum adalah komunikasi antara orang-orang secara tatap muka, masinh-masing orang yang terlibat dalam komunikasi tersebut saling mempengaruhi persepsi lawan komunikasinya. Bentuk khusus komunikasi interpersonal ini adalah komunikasi diadik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori interaksi simbolik Menurut George Herbert Mead, komsep dasar interaksi simbolik adalah mind, self dan society (West & Turner, 2008). SDN 2 Jambeyan merupakan sekolah yang terdapat siswa disgrafia, siswa yang mengalami gangguan belajar yang ditandai dengan ketidakmampuan seseorang dalam menuliskan huruf atau kata dengan benar. Terdapat 12 siswa yang mengalami disgrafia dari jumlah 75 isswa mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dan observasi kepada masing-masing guru kelas yang dipilih dengan teknik triangulasi waktu yaitu penulis melakukan pengecekan dengan wawancara, observasi atau teknik lain dalam waktu dan situasi yang berbeda. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa guru menggunakan strategi komunikasi interpersonal dalam berkomunikasi dengan siswanya yang dilakukan dengan pendekatan secara individu atau satu persatu yang mana siswanya dikelilingi dan didekati satu persatu.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi interpersonal, Interaksi simbolik, Disgrafia | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 07:22 | ||
Last Modified: | 16 Aug 2023 07:52 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20540 |
Actions (login required)
View Item |