PERILAKU KONSUMTIF ANGGOTA NCTZEN YOGYAKARTA PADA PRODUK YANG BERKAITAN DENGAN KPOP

Syifa, Afi Kurniasari (2023) PERILAKU KONSUMTIF ANGGOTA NCTZEN YOGYAKARTA PADA PRODUK YANG BERKAITAN DENGAN KPOP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (809kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)

Abstract

Masyarakat cenderung terserap dalam kuatnya budaya populer dengan segala atributnya. Tanda-tanda pesatnya pengaruh budaya populer ini adalah seseorang menjadi tidak sadar mengikuti apa yang sedang menjadi trend saat itu dan membeli barang yang tidak sesuai kebutuhannya. Salah satu faktor timbulnya perilaku konsumtif adalah interaksi dengan budaya populer Korea. Komunikasi budaya terjadi antara penggemar dengan budaya populer korea menjadikan kelompok penggemar mengembangkan perilaku tertentu sebagai wujud kecintaan mereka terhadap budaya populer Korea. Salah satu penggemar Kpop disini adalah Komunitas NCTzen Yogyakarta. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Paradigma kontruktivisme merupakan paradigma yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Komunitas NCTzen Yogyakarta sendiri diambil dari nama fandom atau penggemar NCT yaitu NCTzen yang sedang tinggal di Yogyakarta. Komunitas terbuka sebagai tempat berbagi informasi antar sesama penggemar. Mereka akan terus melakukan konsumsi sebagai bentuk penghargaan dan dukungan terhadap kerja keras idola mereka dengan membantu membeli karyanya. Hal tersebut disebabkan karena pemikiran sebagai penggemar yang harus memberi dukungan terhadap idolanya yaitu dengan melakukan pembelian merchandise setiap idolnya melakukan comeback dan promosi. Bentuk dukungan yang dilakukan penggemar selain dalam bentuk pembelian album bisa juga dalam mengunjungi konser.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Yudaninggar, Kartikasari
Uncontrolled Keywords: Kpop, Produk Kpop, Perilaku konsumtif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:47
Last Modified: 18 Jul 2023 06:47
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20536

Actions (login required)

View Item View Item