Syifa, Afi Kurniasari (2023) PERILAKU KONSUMTIF ANGGOTA NCTZEN YOGYAKARTA PADA PRODUK YANG BERKAITAN DENGAN KPOP. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (809kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (343kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (49kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
Abstract
Masyarakat cenderung terserap dalam kuatnya budaya populer dengan segala atributnya. Tanda-tanda pesatnya pengaruh budaya populer ini adalah seseorang menjadi tidak sadar mengikuti apa yang sedang menjadi trend saat itu dan membeli barang yang tidak sesuai kebutuhannya. Salah satu faktor timbulnya perilaku konsumtif adalah interaksi dengan budaya populer Korea. Komunikasi budaya terjadi antara penggemar dengan budaya populer korea menjadikan kelompok penggemar mengembangkan perilaku tertentu sebagai wujud kecintaan mereka terhadap budaya populer Korea. Salah satu penggemar Kpop disini adalah Komunitas NCTzen Yogyakarta. Dalam penelitian ini, menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Paradigma kontruktivisme merupakan paradigma yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Komunitas NCTzen Yogyakarta sendiri diambil dari nama fandom atau penggemar NCT yaitu NCTzen yang sedang tinggal di Yogyakarta. Komunitas terbuka sebagai tempat berbagi informasi antar sesama penggemar. Mereka akan terus melakukan konsumsi sebagai bentuk penghargaan dan dukungan terhadap kerja keras idola mereka dengan membantu membeli karyanya. Hal tersebut disebabkan karena pemikiran sebagai penggemar yang harus memberi dukungan terhadap idolanya yaitu dengan melakukan pembelian merchandise setiap idolnya melakukan comeback dan promosi. Bentuk dukungan yang dilakukan penggemar selain dalam bentuk pembelian album bisa juga dalam mengunjungi konser.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Kpop, Produk Kpop, Perilaku konsumtif | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 06:47 | ||
Last Modified: | 18 Jul 2023 06:47 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20536 |
Actions (login required)
View Item |