RESEPSI KHALAYAK PADA PESAN KONTEN INSTAGRAM @gerakannikahmuda

Zida, Ahmad Khosiby (2023) RESEPSI KHALAYAK PADA PESAN KONTEN INSTAGRAM @gerakannikahmuda. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (770kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)

Abstract

Akun @gerakannikahmuda merupakan akun yang bertujuan untuk mempropagandakan seruan gerakan nikah muda, dan juga untuk edukasi bagi masyarakat yang akan menikah muda. Ketika isu pernikahan muda ditampilkan di media sosial, teknik pendekatan edukatif mengenai wacana pernikahan yang dapat dilakukan menjadi terbatas dan cenderung bias. Fokus penelitian ini pada akun Instagram @gerakannikahmuda, Objek penelitian dalam penelitian ini yaitu isi postingan pada akun Instagram @gerakannikahmuda. Subjek penelitiannya adalah pengikut akun Instagram @gerakannikahmuda dan pengguna aktif media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis resepsi Stuart Hall. Penelitian ini menggunakan teori Resepsi, dan teori New Media. Hasil penelitian dan pembahasan ini adalah adanya perbedaan pendapat pada khalayak terjadi berdasarkan latar belakang, Pendidikan, dan lingkungan yang berbeda. Pembaruan penelitian ini dari penelitan terdahulu adalah terdapat perbedaan pemaknaan khalayak terhadap isi pesan pada akun @gerakannikahmuda. Khalayak menjelaskan bahwa isu pernikahan yang muncul di akun @gerakannikahmuda terlalu berlebihan. Walaupun dalam konteks agama itu benar, tapi ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, seperti finansial, mental, ekonomi, dan ilmu parenting. kesimpulan dari penelitian ini diketahui khalayak memiliki pemaknaan yang berbeda. Dengan perbedaan umur dan berbagai latar belakang, informan bisa memaknai pesan pada akun @gerakannikahmuda dengan menegosiasikan dan mencerna subjektivitas yang ada. Isu pernikahan di akun @gerakannikahmuda diresepsi berbeda-beda oleh para informan. Dari hasil wawancara denga 8 informan, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa resepsi khalayak pada pesan konten instagram @gerakannikahmuda rata-rata tidak sesuai dengan apa yang ingin ditunjukan oleh produsen pesan, dalam hal ini akun @gerakannikahmuda.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Instagram, Nikah muda, Representasi, Media baru
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:53
Last Modified: 18 Jul 2023 04:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20519

Actions (login required)

View Item View Item