REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN SCARLETT WHITENING X SONG JOONG-KI

Octaviana, Dhea (2023) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN SCARLETT WHITENING X SONG JOONG-KI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (886kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)

Abstract

Iklan merupakan wadah untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa melalui perantara sebuah media kepada khalayak. Untuk meningkatkan daya Tarik dari iklan serta produk tersebut, banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan jasa seorang celebrity. Iklan Scarlett Whitening X Song Joong-Ki merupakan sebuah iklan yang mempromosikan produk dari brand Scarlett Whitening. Iklan tersebut di rilis di televisi dan juga youtube. Scarlett Whitening menggunakan jasa seorang celebrity terkenal yang berasal dari negara lain yaitu negara Korea. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan metode analisis Semiotika Roland Barthes. Semiotika Roland Barthes menjadi dua tatanan yaitu tatanan pertama dan kedua serta terdapat 3 bagian yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Data primer dari penelitian adalah video Iklan Scarlett Whitening X Song Joong-Ki yang melalui akun youtube Scarlett Official. Sedangkan data sekunder diperoleh penulis melalui skripsi, jurnal, website dan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sisi maskulinitas dari seorang Song Joong-Ki dalam iklan Scarlett Whitening tersebut merepresentasikan pada setiap adegan di dalam iklan. Terdapat beberapa scene yang merepresentasikan sisi maskulinitas Song Joong-Ki melalui cara berpakaian, pemilihan warna, pemilihan latar tempat, gaya rambut dan juga gestur tubuh Song Joong-Ki. Pada kehidupan nyata Song Joong-Ki juga sudah memiliki sisi penampilan yang maskulin yang ada pada dirinya. Sisi maskulin tersebut yang ditampilkan secara visual kepada khalayak.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Agustina, Dwi Pela
Uncontrolled Keywords: Iklan, Maskulinitas, Representasi, Semiotika Roland Barthes
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:32
Last Modified: 18 Jul 2023 04:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20514

Actions (login required)

View Item View Item