Octaviana, Dhea (2023) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN PRODUK KECANTIKAN SCARLETT WHITENING X SONG JOONG-KI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (886kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (422kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (88kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (483kB) |
Abstract
Iklan merupakan wadah untuk memperkenalkan sebuah produk atau jasa melalui perantara sebuah media kepada khalayak. Untuk meningkatkan daya Tarik dari iklan serta produk tersebut, banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan jasa seorang celebrity. Iklan Scarlett Whitening X Song Joong-Ki merupakan sebuah iklan yang mempromosikan produk dari brand Scarlett Whitening. Iklan tersebut di rilis di televisi dan juga youtube. Scarlett Whitening menggunakan jasa seorang celebrity terkenal yang berasal dari negara lain yaitu negara Korea. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan metode analisis Semiotika Roland Barthes. Semiotika Roland Barthes menjadi dua tatanan yaitu tatanan pertama dan kedua serta terdapat 3 bagian yaitu denotasi, konotasi dan mitos. Data primer dari penelitian adalah video Iklan Scarlett Whitening X Song Joong-Ki yang melalui akun youtube Scarlett Official. Sedangkan data sekunder diperoleh penulis melalui skripsi, jurnal, website dan internet. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sisi maskulinitas dari seorang Song Joong-Ki dalam iklan Scarlett Whitening tersebut merepresentasikan pada setiap adegan di dalam iklan. Terdapat beberapa scene yang merepresentasikan sisi maskulinitas Song Joong-Ki melalui cara berpakaian, pemilihan warna, pemilihan latar tempat, gaya rambut dan juga gestur tubuh Song Joong-Ki. Pada kehidupan nyata Song Joong-Ki juga sudah memiliki sisi penampilan yang maskulin yang ada pada dirinya. Sisi maskulin tersebut yang ditampilkan secara visual kepada khalayak.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Iklan, Maskulinitas, Representasi, Semiotika Roland Barthes | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:32 | ||
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20514 |
Actions (login required)
View Item |