OPTIMALISASI METODE BELAJAR DARING DI SMK NEGERI 1 KLATEN

Pratdilana, Felix Adric (2023) OPTIMALISASI METODE BELAJAR DARING DI SMK NEGERI 1 KLATEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya optimalisasi metode belajar daring di SMK Negeri 1 Klaten, khususnya penelitian ini bertujuan agar guru lebih siap dengan perkembangan teknologi, dan siswa dapat menerima pembelajaran daring yang diterapkan. Pada awal tahun 2020 terjadi pandemi covid-19 di Indonesia yang mengakibatkan seluruh aktivitas pembelajaran terkena dampaknya. Perubahan metode belajar dari metode luring ke daring harus dilakukan agar proses belajar mengajar tetap dapat terlaksana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini mengambil lima orang informan terdiri dari satu guru dan empat siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Lokasi penelitian berada di SMKN 1 Klaten. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode belajar daring di SMKN 1 Klaten cukup berhasil, berkualitas, dan optimal, terbukti dari target belajar yang di rencanakan oleh bapak ibu guru tercapai dengan baik, selain itu pembelajaran daring juga dianggap sebagai pembelajaran multitasking karena dapat dilaksanakan kapan saja, dimana saja, dan dapat dilakukan ketika guru dan siswa sedang melakukan kegiatan lain. Namun, terdapat beberapa kendala dan pendidikan karakter tidak dapat diberikan secara maksimal kepada siswa.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saputra, Erik Hadi
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi, Pandemi, Metode belajar, SMKN 1 Klaten
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:32
Last Modified: 18 Jul 2023 04:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20510

Actions (login required)

View Item View Item