Faizah, Latifatul (2023) STRATEGI PT.YOGYAKARTA TUGU TELEVISI (JOGJA TV) SEBAGAI TELEVISI SWASTA LOKAL DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA PADA TAYANGAN BUDAYA DAERAH YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (302kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (966kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (110kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) |
Abstract
PT. Yogyakarta Tugu Televisi atau lebih dikenal Jogja TV hadir ditengah – tengah masyarakat khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta sejak tanggal 17 Setember 2004. Kehadirannya sebagai televisi lokal yang mampu bertahan hingga saat ini tentunya sangatlah tidak mudah, persaingannya bukan hanya dengan televisi nasional, Jogja TV juga harus bersaing dengan televisi lokal yang berada pada wilayah siaran yang samadan media penyiaran Streaming Online lainya. Untuk tetap data bertahan dalam industri penyiaran local, Jogja TV tentunya harus mempunyai berbagai strategi untuk tetap bertahan. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui bagaimana strategi Jogja TV dalam mempertahankan tayangan budaya daerah Yogyakarta dengan mengaitkan teori Ekologi Media oleh Dimmick dan Rohtenbuhler yang mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan eksistensinya, media harus memerlukan tiga sumber penunjang hidup media yang utama yaitu capital (permodalan dan pemasukan iklan), types of content (jenis isi media) dan types of audience (jenis khalayak sasaran). Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan pengumulan dokumen – dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi - strategi yang dilakukan Jogja TV dalam mempertahankan eksistensinya pada tayangan budaya daerah Yogyakarta antara lain : Melakukan strategi pada program (melakukan perencanaan program, memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan programnya, melakukan strategi dalam produksi dan pembelian program, menempatkan jadwal program yang sesuai dengan kebiasaan penonton, serta melakukan pengawasan dan evaluasi program), Melakukan segmentasi, targeting dan positioning dalam merebut pasar audiens (melakukan segmentasi, memilih target penonton, mrmbangun persepsi penonton melalui tagline), Melakukan strategi pemasaran dalam memasarkan program (bekerja sama dengan pemerintah dan swasta, serta kegiatan off air).
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Eksistensi, Televisi lokal, Teori Ekologi Media | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:04 | ||
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:04 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20505 |
Actions (login required)
View Item |