Wulandari, Citra Nuriliya (2023) PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA TUTORIAl SHOLAT UNTU KSISWA UPT SDN 02 TUNAS ASRI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (812kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Citra Wulandari.rar Restricted to Repository staff only Download (140MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (806kB) |
Abstract
Media pembelajaran juga sangat dibutuhkan bagi siswa SD dimana saat ini siswa SD sudah mulai dikenalkan dengan gadget karna daring. UPT SDN 02 TUNAS ASRI adalah sebuah sekolah yang memiliki media pembelajaran yang terbatas dan hanya menggunakan buku, hal itu menyebabkan kurangnya minat siswa dalam memahami materi pembelajaran yang tersedia. Yang seharusnya media pembelajaran disediakan dengan sangat menarik agar siswa dapat lebih cepat dalam proses belajar, seperti materi mengenai praktik sholat yang seharusnya selesai dalam 1 minggu seluruh siswa sudah harus bisa menghafal setiap detail gerakannya, namun karena keterbatasan media pembelajaran maka siswa kesulitan dalam memahami setiap detail gerakan sholat karena di dalam buku hanya berupa sebuah gambar yang hanya dapat dilihat dari satu sisi. Dengan begitu peneliti ingin merancang aplikasi pembelajaran berbasis augmented reality pada tutorial sholat untu k siswa upt sdn 02 tunas asri. Penelitian ini dibatasi dengan rumusan masalah bagaimana perancangan aplikasi ini akan diberikan batasan masalah hanya pada lingkup UPT SDN 02 Tunas Asri saja agar perancangan yang dilakukan dapat lebih efisien Dalam mewujudkan penelitian ini peneliti menggunakan metode yang sesuai dalam merancang dan mengembangkan suatu aplikasi media yang merupakan gabungan dari gambar, suara, video, animasi dan lainnya yaitu menggunakan metode MDLC. Penelitian ini menghasilkan aplikasi pembelajaran berbasis augmented reality pada tutorial sholat untu k siswa upt sdn 02 tunas asri, hasil dari perhitungan kuisioner yang dihitung menggunakan metode skala likert mendapatkan persentasi sebanyak 82,3% yang mengartikan aplikasi ini sangat diminati oleh siswa, terutama pada siswa kelas 4 SDN 02 TUNAS ASRI, karna aplikasi ini sangat mudah di pahami dan masing-masing fitur berjalan dengan baik. Proses pembuatan yang melalui beberapa tahap yaitu: concept, design, material collecting, assembly, testing dan destortion yang bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi berbasis Augmented Reality dengan metode marker based tracking untuk menampilkan objek 3D. dan menggunakan marker pada aplikasi gerakan sholat serta memuat fitur didalam aplikasi yang dapat menampilkan gerakan sholat, menampilkan bacaan niat sholat dan surat-surat pendek.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Augmented reality, Tutorial sholat, SDN 02 tunas asri | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:44 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 04:43 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20433 |
Actions (login required)
View Item |