Pratama, Naufal Rochman (2023) PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 Studi Kasus : LPQ Pondok Madinatul Ilmi. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (617kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (641kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Naufal Pratama.rar Restricted to Repository staff only Download (66MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (842kB) |
Abstract
Belajar mengenal huruf hijaiyah merupakan dasar dari ilmu untuk membaca Alqur’an, usia anak-anak merupakan usia yang tepat untuk mulai memberikan pengenalan tentang huruf hijaiyah, Oleh karena itu dibutuhkan metode pembelajaran yang menarik untuk memikat minat belajar anak, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan game edukasi belajar mengenal huruf hijaiyah berbasis android dengan menggunakan software construct 2. Metode yang digunakan dalam pengembangan game edukasi ini adalah Design Thinking. Dimulai dengan Emphatize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Game “Belajar Huruf Hijaiyah” memiliki 2 mode permainan yaitu, Pengenalan huruf hijaiyah dan Permainan Cocok Huruf Hijaiyah. Berdasarkan dari hasil perhitungan kepada 20 responden menggunakan metode usability testing dan menggunakan skala likert maka diperoleh hasil yakni sebanyak 77,50% responden yang setuju pada aspek Learnbility, sebanyak 90% responden yang menyatakan sangat setuju pada aspek Efficiency, sebanyak 100% responden menyatakan sangat setuju pada aspek Memorability, 100% responden menyatakan sangat setuju pada aspek Errors dan 82,50% responden menyatakan sangat setuju pada aspek Satisfication.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an, Game edukasi, Construct 2, Design Thinking, Usability Testing | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:01 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 04:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20416 |
Actions (login required)
View Item |