Salsabila, Diana (2023) IMPLEMENTASI MOTION GRAPHIC PADA ANIMASI "PENCAPAIAN WILAYAH KABUPATEN BANJAR TAHUN 2018 - 2020". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (586kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (49kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Diana Salsabila.zip Restricted to Repository staff only Download (83MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (515kB) |
Abstract
Kabupaten Banjar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang mendapat penghargaan dari pemerintah pada periode 2018 – 2020 yaitu pada masa kepemimpinan Bupati Banjar K.H. Khalilurrahman dan Wakilnya H. Saidi Mansyur. Namun belum banyak masyarakat yang tahu terkait pencapaian yang diperoleh Kabupaten Banjar. Maka diperlukannya media informasi yang dapat merangkum informasi penghargaan tersebut dengan salah satu cara modern yaitu dengan animasi motion graphic. Dengan melalui tahap pengumpulan data hingga tahap produksi. Pada tahap pengumpulan data dengan mengacu pada proses wawancara, observasi, dan literatur sampai pada tahap produksi yang mencakup tiga tahapan. Pra produksi yang berfokus pada pembuatan storyboard, pembuatan aset dan penulisan naskah. Kemudian dilanjutkan dubbing dan animating pada tahap produksi. Dan terakhir editing, visual dan audio effect pada tahap pasca produksi dengan menggunakan software Adobe After Effect dan Adobe Premiere. Yang mana menghasilkan sebuah video animasi motion graphic dengan format MP4 berdurasi 5 menit yang kemudian diunggah melalui Youtube. Yang kemudian dilakukan evaluasi dengan responden ahli bidang animasi 2D dan dari para pegawai Kabupaten Banjar. Dari hasil penelitian masih banyak yang perlu diperhatikanmulai dari pengerjaan motion graphic dapat dilakukan lebih optimal lagi dengan penggunaan 12 prinsip animasi yang lebih baik lagi. Pemilihan jenis huruf, warna, aset dan objek pada tampilan video lebih bervariasi dan diperhatikan. Pergerakan dan ekspresi karakter di dalam pembuatan motion graphic dapat lebih dikembangkan lagi agar terkesan lebih hidup dan tidak kaku.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Penghargaan, Banjar, Motion Graphic | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Jul 2023 01:49 | ||
Last Modified: | 14 Jul 2023 01:49 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20412 |
Actions (login required)
View Item |