IMPLEMENTASI MOTION GRAPHIC PADA ANIMASI "PENCAPAIAN WILAYAH KABUPATEN BANJAR TAHUN 2018 - 2020"

Salsabila, Diana (2023) IMPLEMENTASI MOTION GRAPHIC PADA ANIMASI "PENCAPAIAN WILAYAH KABUPATEN BANJAR TAHUN 2018 - 2020". S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Diana Salsabila.zip
Restricted to Repository staff only

Download (83MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (515kB)

Abstract

Kabupaten Banjar merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan yang mendapat penghargaan dari pemerintah pada periode 2018 – 2020 yaitu pada masa kepemimpinan Bupati Banjar K.H. Khalilurrahman dan Wakilnya H. Saidi Mansyur. Namun belum banyak masyarakat yang tahu terkait pencapaian yang diperoleh Kabupaten Banjar. Maka diperlukannya media informasi yang dapat merangkum informasi penghargaan tersebut dengan salah satu cara modern yaitu dengan animasi motion graphic. Dengan melalui tahap pengumpulan data hingga tahap produksi. Pada tahap pengumpulan data dengan mengacu pada proses wawancara, observasi, dan literatur sampai pada tahap produksi yang mencakup tiga tahapan. Pra produksi yang berfokus pada pembuatan storyboard, pembuatan aset dan penulisan naskah. Kemudian dilanjutkan dubbing dan animating pada tahap produksi. Dan terakhir editing, visual dan audio effect pada tahap pasca produksi dengan menggunakan software Adobe After Effect dan Adobe Premiere. Yang mana menghasilkan sebuah video animasi motion graphic dengan format MP4 berdurasi 5 menit yang kemudian diunggah melalui Youtube. Yang kemudian dilakukan evaluasi dengan responden ahli bidang animasi 2D dan dari para pegawai Kabupaten Banjar. Dari hasil penelitian masih banyak yang perlu diperhatikanmulai dari pengerjaan motion graphic dapat dilakukan lebih optimal lagi dengan penggunaan 12 prinsip animasi yang lebih baik lagi. Pemilihan jenis huruf, warna, aset dan objek pada tampilan video lebih bervariasi dan diperhatikan. Pergerakan dan ekspresi karakter di dalam pembuatan motion graphic dapat lebih dikembangkan lagi agar terkesan lebih hidup dan tidak kaku.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Ibnu Hadi
Uncontrolled Keywords: Penghargaan, Banjar, Motion Graphic
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:49
Last Modified: 14 Jul 2023 01:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20412

Actions (login required)

View Item View Item