IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DI SD NEGERI PAKEM 1

Laksmana, Bayu Teja (2023) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DI SD NEGERI PAKEM 1. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (563kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (51kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Bayu Teja Laksmana.rar
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)

Abstract

Bangun ruang merupakan salah satu materi matematika yang dikelompokkan dalam topik geometri. Bangun ruang adalah bangun yang memiliki ruang yang dibatasi oleh sisi-sisinya. Ada dua kelompok dari bangun ruang, yaitu bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung. Salah satu cara untuk mengenalkan bangun ruang tersebut adalah dengan pemanfaatan terobosan teknologi terbaru yaitu Augmented Reality khususnya pada perangkat mobile. Augmented Reality merupakan teknologi penggabungan benda-benda maya dengan benda-benda nyata yang saling terintegrasi dalam 3 dimensi. Pembuatan aplikasi media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality ini akan diterapkan pada smartphone berbasis platform Android dan didesain untuk pembelajaran siswa/siswi Sekolah Dasar. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa objek bangun ruang 3 dimensi yang dibuat menggunakan software Blender sebagai software perancang model objek, serta Unity sebagai game engine, dan Vuforia sebagai library. Metode yang digunakan dalam pembuatan Augmented Reality ini adalah metode image target tracking jadi cara kerja Augmented Reality ini, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera yang ada pada perangkat mobile berbasis Android ke objek marker untuk menampilkan ilustrasi 3 dimensi. Pembuatan Augmented Reality ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi media pembelajaran bangun ruang berbasis Augmented Reality, serta mengenalkan dan memberi pengetahuan tentang bangun ruang selain itu juga untuk membantu siswa/siswi yang selama ini susah untuk memvisualisasikan bentuk bangun ruang melalui buku pelajaran. Dengan cara yang kreatif dan inovatif ini diharapkan lebih menarik minat para siswa/siswi untuk mempelajari bangun ruang.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurnia, Rakhma Shafrida
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, Unity, Vuforia, Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:23
Last Modified: 13 Jul 2023 02:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20392

Actions (login required)

View Item View Item