Laksmana, Bayu Teja (2023) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DI SD NEGERI PAKEM 1. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (563kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (973kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (51kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Bayu Teja Laksmana.rar Restricted to Repository staff only Download (48MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
Abstract
Bangun ruang merupakan salah satu materi matematika yang dikelompokkan dalam topik geometri. Bangun ruang adalah bangun yang memiliki ruang yang dibatasi oleh sisi-sisinya. Ada dua kelompok dari bangun ruang, yaitu bangun ruang sisi datar dan bangun ruang sisi lengkung. Salah satu cara untuk mengenalkan bangun ruang tersebut adalah dengan pemanfaatan terobosan teknologi terbaru yaitu Augmented Reality khususnya pada perangkat mobile. Augmented Reality merupakan teknologi penggabungan benda-benda maya dengan benda-benda nyata yang saling terintegrasi dalam 3 dimensi. Pembuatan aplikasi media pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality ini akan diterapkan pada smartphone berbasis platform Android dan didesain untuk pembelajaran siswa/siswi Sekolah Dasar. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa objek bangun ruang 3 dimensi yang dibuat menggunakan software Blender sebagai software perancang model objek, serta Unity sebagai game engine, dan Vuforia sebagai library. Metode yang digunakan dalam pembuatan Augmented Reality ini adalah metode image target tracking jadi cara kerja Augmented Reality ini, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera yang ada pada perangkat mobile berbasis Android ke objek marker untuk menampilkan ilustrasi 3 dimensi. Pembuatan Augmented Reality ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi media pembelajaran bangun ruang berbasis Augmented Reality, serta mengenalkan dan memberi pengetahuan tentang bangun ruang selain itu juga untuk membantu siswa/siswi yang selama ini susah untuk memvisualisasikan bentuk bangun ruang melalui buku pelajaran. Dengan cara yang kreatif dan inovatif ini diharapkan lebih menarik minat para siswa/siswi untuk mempelajari bangun ruang.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, Unity, Vuforia, Android | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:23 | ||
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20392 |
Actions (login required)
View Item |