Utama, Muhammad Rafi Syahid (2023) IMPLEMENTASI WHATSAPP API PADA SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA CUCI SEPATU MARICUCISINI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (340kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (913kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Muhammad Rafi Syahid Utama.zip Restricted to Repository staff only Download (71MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Maricucisini adalah sebuah bisnis yang menawarkan jasa laundry khusus untuk sepatu, helm, topi dan tas yang berlokasi di kota Yogyakarta. Pengolahan data transaksi dan data pelanggan dengan sistem manual yang masih mengelola data menggunakan buku besar. Dengan sistem yang sedang berjalan sekarang ini akan memungkinkan data akan tercecer atau hilang sehingga pengolahan data tidak efektif dan efisien. Mengimplementasikan WhatsApp API pada sistem informasi yang akan dibangun bertujuan untuk mempermudah proses pencatatan data transaksi dan data pelanggan. Dengan adanya fitur chatbot pada WhatsApp maka akan mempermudah dalam mengirimkan setruk berupa file PDF sehingga akan mengurangi biaya operasional dengan meniadakan kertas setruk dalam prosesnya. Penulis menggunakan metode SDLC (software development life cycle) dengan model waterfall dalam pembuatan aplikasi sistem informasinya. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pengolah basis data. Metode pengujian yang digunakan adalah metode blackbox dimana metode ini digunakan untuk menguji efektivitas aplikasi yang dibuat. Dengan adanya pengembangan sistem informasi pelayanan yang telah dibangun maka diharapkan dapat membantu Maricucisini dalam mengolah data pelanggan dan data transaksi sehingga pelayanan jasa akan lebih efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Pelayanan, API, WhatsApp | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:21 | ||
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20390 |
Actions (login required)
View Item |