Suprendi, Rendi (2023) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS 4 SD NEGERI NUSA TUNGGAL KABUPATEN OKU TIMUR PROVINSI SUMSEL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (154kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (793kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (821kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (47kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code - Rendi Suprendi.rar Restricted to Repository staff only Download (114MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (930kB) |
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran di SD Negeri Nusa Tunggal tidak terjadi sebuah masalah untuk mata pelajaran umum seperti Bahasa, ilmu pengetahuan dan agama. Namun mata pelajaran PJOK atau Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan merupakan mata pelajaran praktik dan teori . Dalam proses pembelajaran PJOK lebih banyak praktik langsung dari pada teori. Untuk membantu pemahaman siswa dalam memahami teori diperlukan sebuah media bantu. Dari masalah tersebut terdapat beberapa solusi, diantaranya seperti PPT, Vidio Interaktif dan media pembelajaran interaktif. Pada penelitian ini memberikan solusi dari permasalahan yang ada diatas yaitu dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Dalam proses pembuatan media pembelajaran interktif ini menggunakan sebuah metode Rappid Application Development atau RAD. Metode Rappid Aplication Development atau RAD adalah model pengembangan perangkat lunak yang tergolong dalam Teknik incremental (bertingkat). RAD menekankan pada siklus pembangunan pendek, singkat dan cepat. Namun meskipun memiliki waktu yang cepat penggunaan metode Rappid Application Develompent atau RAD memiliki kualitas yang dihasilkan lebih tinggi karena dalam membangun system menggunakan metode berulang. Adapun tahapan metode Rappid Aplication Develompent atau RAD yaitu requiretments Planing atau perancangan kebutuhan, RAD Design Workshop, Implementasi. Hasil dari penelitian ini akan menghasilkan sebuah produk aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis android untuk kelas 4 SD dengan sub tema Gerak Berirama dan Renang Gaya bebas. Dengan penggunaan aplikasi media pembelajaran interaktif ini diharapkan siswa akan lebih semangat dan memiliki waktu yang fleksibel dalam belajar, sehingga akan meningkatkan kemampuan siswa.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran interaktif, PJOK, RAD, Android | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Jul 2023 01:54 | ||
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:44 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20371 |
Actions (login required)
View Item |