Sholihan, Achmad Choirul (2023) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BANGUN RUANG BERBASIS ANDROID DI SD MUHAMMADIYAH NOYOKERTEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (231kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (82kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Achmad Choirul Sholihan.zip Restricted to Repository staff only Download (185MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
Abstract
Pembelajaran Matematika dalam materi bangun ruang yang dilakukan di SD Muhammadiyah Noyokerten khususnya kelas IV masih menggunakan model pembelajaran langsung. Pada model pembelajaran ini guru menerangkan kepada siswa menggunakan model gambar bangun ruang yang digambar oleh guru di papan tulis, dan bantuan visual berupa video. Hal tersebut membuat banyak siswa merasa bosan karena siswa sebenarnya telah mengetahui bentuk-bentuk bangun ruang dari jenjang pendidikan sebelumnya. Selain itu, untuk menerangkan unsur-unsur bangun ruang (sisi, titik sudut, jaring-jaring dan rusuk) siswa memerlukan konsentrasi, imajinasi dan suasana belajar yang kondusif dalam menerjemahkan materi yang dijelaskan oleh guru. Sehingga diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu pembelajaran agar tercipta lingkungan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang bisa diimplementasikan dalam pembelajaran matematika sehingga muncul ketertarikan siswa dan membantu siswa memahami materi bangun ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development sedangkan metode pengembangan aplikasi menggunakan metode Waterfall. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Noyokerten. Populasi yang dipilih yaitu siswa kelas IV untuk menguji dan penelitian angket serta soal tes bangun ruang. Pengambilan data diperoleh dengan menggunakan angket yang berdasarkan skala Likert. Skala ini memiliki kriteria penilaian dengan lima kategori. Dari hasil pengisian angket didapatkan persentase jawaban sebesar 90,86% yang termasuk kategori Sangat tinggi. Hal ini menunjukkan media pembelajaran Augmented Reality pada perangkat Android mendapatkan tanggapan yang positif dari seluruh pengguna aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bangun ruang menggunakan Augmented Reality Android dapat diimplementasikan dalam pembelajaran pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Noyokerten.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Bangun ruang, Media pembelajaran, Teknologi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Jul 2023 07:43 | ||
Last Modified: | 14 Jul 2023 07:25 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20347 |
Actions (login required)
View Item |