PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BANGUN RUANG BERBASIS ANDROID DI SD MUHAMMADIYAH NOYOKERTEN

Sholihan, Achmad Choirul (2023) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN BANGUN RUANG BERBASIS ANDROID DI SD MUHAMMADIYAH NOYOKERTEN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Achmad Choirul Sholihan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (185MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)

Abstract

Pembelajaran Matematika dalam materi bangun ruang yang dilakukan di SD Muhammadiyah Noyokerten khususnya kelas IV masih menggunakan model pembelajaran langsung. Pada model pembelajaran ini guru menerangkan kepada siswa menggunakan model gambar bangun ruang yang digambar oleh guru di papan tulis, dan bantuan visual berupa video. Hal tersebut membuat banyak siswa merasa bosan karena siswa sebenarnya telah mengetahui bentuk-bentuk bangun ruang dari jenjang pendidikan sebelumnya. Selain itu, untuk menerangkan unsur-unsur bangun ruang (sisi, titik sudut, jaring-jaring dan rusuk) siswa memerlukan konsentrasi, imajinasi dan suasana belajar yang kondusif dalam menerjemahkan materi yang dijelaskan oleh guru. Sehingga diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu pembelajaran agar tercipta lingkungan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran yang bisa diimplementasikan dalam pembelajaran matematika sehingga muncul ketertarikan siswa dan membantu siswa memahami materi bangun ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development sedangkan metode pengembangan aplikasi menggunakan metode Waterfall. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Noyokerten. Populasi yang dipilih yaitu siswa kelas IV untuk menguji dan penelitian angket serta soal tes bangun ruang. Pengambilan data diperoleh dengan menggunakan angket yang berdasarkan skala Likert. Skala ini memiliki kriteria penilaian dengan lima kategori. Dari hasil pengisian angket didapatkan persentase jawaban sebesar 90,86% yang termasuk kategori Sangat tinggi. Hal ini menunjukkan media pembelajaran Augmented Reality pada perangkat Android mendapatkan tanggapan yang positif dari seluruh pengguna aplikasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bangun ruang menggunakan Augmented Reality Android dapat diimplementasikan dalam pembelajaran pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah Noyokerten.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Bangun ruang, Media pembelajaran, Teknologi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:43
Last Modified: 14 Jul 2023 07:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20347

Actions (login required)

View Item View Item