ANALISIS KUALITAS WEBSITE LAYANAN SISTEM INFORMASI SURAT KETERANGAN MAHASISWA DENGAN WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus: Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia)

Sutanto, Nur Hamid (2021) ANALISIS KUALITAS WEBSITE LAYANAN SISTEM INFORMASI SURAT KETERANGAN MAHASISWA DENGAN WEBQUAL 4.0 (Studi Kasus: Fakultas Bisnis Dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia). S2 - Magister thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (THESIS)
20.77.1284 Nur Hamid Sutanto.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan website dalam layanan di Perguruan Tinggi adalah salah satu solusi yang digunakan di masa pandemi COVID-19 dalam penerapan protokol kesehatan melalui langkah 6 M. Dengan adanya sistem informasi layanan berbasis website memungkinkan untuk tetap menjalankan proses bisnis dalam pelayanan terhadap penggunanya tanpa harus datang dan menghidari interaksi langsung atau tatap muka. FBE UII mengimplementasikan Sistem Informasi Website Layanan untuk melayani mahasiswa secara daring yang menggantikan sistem manual yang dilayani secara langsung dan tatap muka. Pertama diimplementasikan sampai dengan sekarang belum pernah dilakukan pengukuran terhadap kualitas layanan yang berasal dari penggunanya. Pengukuran menggunakan metode Webqual 4,0 yang mengukur penilaian pengguna terhadap 3 area yaitu kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), kualitas interaksi layanan (service interaction quality) yang berpengaruh terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction) dengan konsep Interaksi Manusia Komputer (Human-Computer Interaction) sebagai parameter pengguna website layanan. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner. Populasi adalah mahasiswa FBE UII yang pernah menggunakan website layanan. Hasil penelitian ini berupa kesimpulan penerapan website sukses untuk menggantikan sistem yang sebelumnya digunakan, kualitas layanan berbasis website pada sistem informasi baik, persepsi penilaian pengguna mudah dalam berinteraksi, dan rekomendasi langkah strategis yaitu melakukan migrasi layanan lain dengan memanfaatkan website layanan terpadu.

Item Type: Thesis (S2 - Magister)
Contributor:
Pembimbing
Kusrini, Kusrini
Nasiri, Asro
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Perguruan tinggi, Layanan, Pengguna, IMK, Webqual 4.0
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Pascasarjana MTI > PJJ
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 11 Jul 2023 07:50
Last Modified: 22 Jul 2023 07:34
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20284

Actions (login required)

View Item View Item