Ruger, Aditya Hastami (2022) ANALISA RIVIEW PELANGGAN SHOPEE di TWITTER MENGGUNAKAN NAIVE BAYES. S2 - Magister thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (THESIS)
18.51.1132 Aditya Hastami Ruger.pdf Download (2MB) |
Abstract
Sentimen analisis merupakan suatu bidang studi yang menganalisis tentang opini-opini seseorang, mengevaluasi, menilai, perilaku, dan emosi seperti produkproduk, layanan, kejadian, serta topik-topik. Sentimen analisis dalam dunia bisnis yang biasanya dipakai untuk menganlisis kebutuhan masyarakat dan kebutuhan pasar, yang diharapkan mampu menyusun strategi pemasaran yang dapat meningkatkan suatu pendapatan dari perusahaan mereka. Penelitian ini mengambil data-data dari grup Shopee yang ada di media sosial Twitter. Shopee merupakan salah satu market place yang sering digunakan oleh berbagai masyarakat maupun berbagai kalangan yang ada didunia ini. Market place Shopee yang menjual berbagai jasa maupun menjual barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis sentimen pada komentar maupun riview dari grup Shopee di Twitter.Sentimen yang dianalisis adalah layanan dari Shopee seperti kuis-kuis. Data diambil dari grup Shopee di Twitter, data tersebut yaitu riview-riview dari komentar positif maupun komentar negatif yang diberikan oleh pelanggan Shopee di grup Shopee yang ada di media sosial Twitter, pengambilan datanya menggunakan software Rstudio, Rstudio merupakan suatu aplikasi yang dipakai untuk menulis program-program dengan menggunakan bahasa R yang dapat dijalankan pada operasi sistem Windows, Linux, maupun Apple. Serta untuk proses menghitungnya menggunakan metode Naive Bayes yang dimasukkan kedalam sentimen analisis yang pengambilan data-datanya di ambil dari grup Shopee yang ada di Twitter. Dalam penghitungan tingkat keakurasian menggunakan convusion matriks. Data yang digunakan yaitu data pada tanggal 4 bulan januari 2022. Hasil dari penelitian ini yaitu dapat diketahui bahwa jumlah komentar positif 250 data sedangkan negatif 100 data sisanya netral yang berjumlah 50 data, karena data yang diambil adalah 400 data dan tingkat keakurasiannya adalah sebesar 97%.
Item Type: | Thesis (S2 - Magister) | |||
---|---|---|---|---|
Contributor: |
|
|||
Uncontrolled Keywords: | RStudio, Convusion Matriks, Naive Bayes, Shopee | |||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | |||
Divisions: | Pascasarjana MTI > Magister Teknik Informatika | |||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | |||
Date Deposited: | 11 Jul 2023 07:18 | |||
Last Modified: | 11 Jul 2023 07:18 | |||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20271 |
Actions (login required)
View Item |