PERANCANGAN GAME PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN MDLC UNTUK EDUKASI ANAK USIA 4 -5 TAHUN

Maarif, Fais Syamsul (2023) PERANCANGAN GAME PENGENALAN BUAH MENGGUNAKAN MDLC UNTUK EDUKASI ANAK USIA 4 -5 TAHUN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (53kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code - Fais Syamsul Maarif.rar
Restricted to Repository staff only

Download (131MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pengenalan buah pada anak usia dini memerlukan sebuah fasilitas media permainan yang mendidik salah satunya yaitu game edukasi, penelitian ini bertujuan sebagai fasilitas pembelajaran pengenalan buah yang berbasis MDLC yang dapat meningkatkan hasil belajar pada anak usia 4 – 5 tahun, serta mengetahui tanggapan anak usia 4 – 5 tahun terhadap penggunaan game edukasi pengenalana nama buah, dan mengetahui kelayakan media tersebut sebagai media pembelajaran. Pengembangan game ini menghasilkan sebuah game edukasi Android yang memperkenalkan buah - buahan dengan menerapkan elemen game. Pada game ini dibuat menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki 6 tahap yaitu concept, desain, material collecting, assembly, testing dan distribution. Penelitian ini menghasilkan aplikasi game edukasi pengenalan nama buah berbasis android pada anak-anak yang memiliki 2 jenis game yaitu tebak gambar dan tebak suara, aplikasi ini juga memiliki menu belajar yang berisi kosakata yang dilengkapi dengan gambar dan audio cara pengucapannya. Tujuan penelitian ini untuk memberikan wawasan pada anak-anak dalam mengenal buah - buahan dan diharapkan suatu saat anakanak dapat mengenalknya dengan cepat.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Android, Pengenalan buah, Anak usia dini, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jul 2023 03:10
Last Modified: 08 Jul 2023 03:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item View Item