ANALISIS DAN RE-DESAIN USER INTERFACE / USER EXPERIENCE APLIKASI E-COMMERCE TOKO PINTAR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Anindya, Hersaga Dihyan (2023) ANALISIS DAN RE-DESAIN USER INTERFACE / USER EXPERIENCE APLIKASI E-COMMERCE TOKO PINTAR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (44kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Hersaga Dihyan.zip
Restricted to Repository staff only

Download (115MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jual beli adalah salah satu kegiatan penunjang sektor perekonomian di Indonesia. Di era digitalisasi sekarang, secara pasti kegiatan jual beli konvensional berubah menjadi bentuk yang lebih efektif menggunakan e-commerce. Pada aplikasi e-commerce orang dapat melakukan proses transaksi pertukaran barang maupun jasa untuk menghasilkan uang. Toko Pintar merupakan salah satu aplikasi e-commerce yang digunakan untuk pemesanan serta pendistribusian barang dagangan grosir kepada konsumen retailer melalui mobile smartphone. Pendekatan metode pada UI/UX desain aplikasi dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengguna dan menambah performa usability atau ketergunaan aplikasi Toko Pintar yang ada saat ini. Tujuan dilakukan penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah analis usability desain UI/UX aplikasi Toko Pintar serta menghasilkan rancangan prototype alternatif desain aplikasi Toko Pintar. Design Thinking adalah salah satu metode yang bisa digunakan sebagai acuan dalam melakukan desain sebuah aplikasi mobile. Penelitian ini dilakukan menggunakan lima tahapan antara lain, Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Testing. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan studi literatur, wawancara serta pengumpulan kuesioner. Melakukan rancangan desain alternatif berdasarkan hasil pengumpulan data pada proses Empathize diakhiri dengan melakukan usability testing menggunakan bantuan kuesioner mengacu pada metode usability testing Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, Satisfaction. Hasil dari penelitian ini adalah prototype desain alternatif dari aplikasi Toko Pintar serta hasil analisa usability testing. Hasil usability testing menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor ketergunaan sebesar 39,72% dibandingkan dengan skor ketergunaan desain aplikasi Toko Pintar yang ada saat ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurnia, Rakhma Shafrida
Uncontrolled Keywords: UI/UX, E-Commerce, Toko Pintar, redesain, Design Thinking
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jul 2023 02:04
Last Modified: 12 Jul 2023 07:19
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20174

Actions (login required)

View Item View Item