Anindya, Hersaga Dihyan (2023) ANALISIS DAN RE-DESAIN USER INTERFACE / USER EXPERIENCE APLIKASI E-COMMERCE TOKO PINTAR MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (131kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (44kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code - Hersaga Dihyan.zip Restricted to Repository staff only Download (115MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Jual beli adalah salah satu kegiatan penunjang sektor perekonomian di Indonesia. Di era digitalisasi sekarang, secara pasti kegiatan jual beli konvensional berubah menjadi bentuk yang lebih efektif menggunakan e-commerce. Pada aplikasi e-commerce orang dapat melakukan proses transaksi pertukaran barang maupun jasa untuk menghasilkan uang. Toko Pintar merupakan salah satu aplikasi e-commerce yang digunakan untuk pemesanan serta pendistribusian barang dagangan grosir kepada konsumen retailer melalui mobile smartphone. Pendekatan metode pada UI/UX desain aplikasi dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas pengguna dan menambah performa usability atau ketergunaan aplikasi Toko Pintar yang ada saat ini. Tujuan dilakukan penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah analis usability desain UI/UX aplikasi Toko Pintar serta menghasilkan rancangan prototype alternatif desain aplikasi Toko Pintar. Design Thinking adalah salah satu metode yang bisa digunakan sebagai acuan dalam melakukan desain sebuah aplikasi mobile. Penelitian ini dilakukan menggunakan lima tahapan antara lain, Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Testing. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan studi literatur, wawancara serta pengumpulan kuesioner. Melakukan rancangan desain alternatif berdasarkan hasil pengumpulan data pada proses Empathize diakhiri dengan melakukan usability testing menggunakan bantuan kuesioner mengacu pada metode usability testing Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, Satisfaction. Hasil dari penelitian ini adalah prototype desain alternatif dari aplikasi Toko Pintar serta hasil analisa usability testing. Hasil usability testing menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor ketergunaan sebesar 39,72% dibandingkan dengan skor ketergunaan desain aplikasi Toko Pintar yang ada saat ini.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | UI/UX, E-Commerce, Toko Pintar, redesain, Design Thinking | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 08 Jul 2023 02:04 | ||
Last Modified: | 12 Jul 2023 07:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/20174 |
Actions (login required)
View Item |