Helmi, Richard Greynardi (2023) ANALISIS MANAJEMEN BANDWITH MENGGUNAKAN RAW PORT GAME BERBASIS MIKROTIK PADA GAMING MOBILE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (616kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (442kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.11.3202 Richard Greynardi Helmi.pdf Restricted to Repository staff only Download (744kB) |
Abstract
Player Game Mobile meningkat pesat ditahun 2016 hingga saat ini tahun 2022. Terdapat 2 Raksasa game mobile dengan jumlah player terbanyak yaitu MOBILE LEGENDS, dan FREE FIRE dengan 100 juta player aktif perbulannya. Namun rentannya jaringan internet membuat aktivitas gaming tidak lancar. Delay adalah suatu internet ketika mengalami keterlambatan, biasanya disebabkan dengan antrian yang panjang pada routing , dan juga dapat dilihat dengan Ping yang tinggi. Di Indonesia kecepatan internet fixed broadband download rata-rata 27,83 Mbps, tidak menutup kemungkinan bahwa Delay bisa saja terjadi dikarenakan penyedia layanan internet atau manajemen jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan metode RAW PORT ini bisa mengurangi Delay pada saat bermain kemudian menganalisis dan mengetahui kebutuhan untuk Gaming Mobile kemudian mengukur dan membandingkan. Penelitian menggunakan salah satu instrumen Firewall yaitu Raw yang dimana mengambil port jaringan lalu ditambahkan ke address list. Penelitian ini mengujik 2 Game yang itu Free Fire dan Mobile Legends dan masing-masing menggunakan grafik default dengan pengujian selama 10 menit. Hasil penelitian menunjukan penurunan delay rata-rata 31.75% untuk Free Fire dan 14.34% untuk Mobile Legends lebih baik daripada tidak menggunakan, persentase terbesar terdapat disetting bandwidth 1Mb dan 5Mb.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | MikroTik, manajemen bandwidth, Simple Queue, Free Fire, Mobile Legends, Gaming | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jun 2023 04:48 | ||
Last Modified: | 23 Jun 2023 02:59 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19949 |
Actions (login required)
View Item |