PERANCANGAN DAN PEMBUATAN FILM ANIMASI HYBRID 2D DAN 3D TENTANG COVID-19 MENGGUNAKAN BLENDER

Kurniawan, Muchammad Taufiq (2022) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN FILM ANIMASI HYBRID 2D DAN 3D TENTANG COVID-19 MENGGUNAKAN BLENDER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (964kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.11.1233 Muchammad Taufiq Kurniawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Animasi hybrid adalah pembuatan animasi yang menggunakan perpaduan beberapa teknik dan jenis animasi. Salah satunya adalah perpaduan antara animasi 2D dan 3D, pada animasi 2D menggunakan teknik frame by frame, yaitu teknik menggambar satu persatu pada setiap frame sehingga terciptanya sebuah animasi 2D yang bergerak secara halus dan sinkron, dan pada animasi 3D menggunakan teknik modelling. Pergabungan film animasi ini dilakukan pada aplikasi Blender. Pada proses pembuatan film animasi hybrid ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu PraProduksi, Produksi, dan Paska Produksi dalam setiap tahap itu ada beberapa proses yang harus dilalui. Pada pembuatan animasi ini menceritakan tentang bagaimana virus COVID-19 ini menyebar ke seluruh dunia, untuk itu penulis mensajikannya dalam bentuk animasi agar pesan yang disampaikan dapat terpenuhi ke masyarakat. Animasi hybrid ini dikerjakan pada Blender dan untuk tahap akhir editing dilakukan pada Adobe Premiere. Untuk menciptakan animasi hybrid yang baik memerlukan tahapan yang detail pada pembuatannya agar tidak terjadinya salah penempatan timing pada saat animasi digerakkan. Tujuan film ini adalah untuk menjadikan film animasi ini sebagai media hiburan dan pengetahuan bagi masyarakat luas. Dan hasil pada film animasi hybrid ini adalah untuk mengetahui tahapan-tahapan dalam merancang dan membuat animasi hybrid yang baik. Animasi hybrid dikatakan baik jika penempatan latar dan tokoh ditempatkan dan digerakkan secara baik dan sinkron.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Animasi, Hybrid, 2D, 3D, COVID-19
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jun 2023 04:06
Last Modified: 23 Jun 2023 02:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19931

Actions (login required)

View Item View Item