STRATEGI KONTEN KREATOR DESTINASI WISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DAN PENONTON (Studi Kasus: Pada Kanal Youtube RARATV )

Ghaniyasyah, Muhammad Abdurrahman (2023) STRATEGI KONTEN KREATOR DESTINASI WISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DAN PENONTON (Studi Kasus: Pada Kanal Youtube RARATV ). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.96.1300 Muhammad Abdurrahman Ghaniyasyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)

Abstract

RaraTV merupakan kanal YouTube tentang destinasi wisata yang dikelola oleh seorang konten kreator dan terbilang populer pada awal tahun 2021 sampai pertengahan 2022, karena dalam satu tahun mampu mendapatkan 31.000 pelanggan dan 6.000.000 penonton dibanding dengan kanal konten kreator lain yang memiliki tema sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi konten kreator destinasi wisata dalam meningkatkan jumlah pelanggan dan penonton serta mendeskripsikan proses yang dilakukan konten kreator kanal YouTube RaraTV dalam memengaruhi perhatian para target penonton. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada obyek penelitian yakni kanal YouTube RaraTV. Pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan para informan yaitu pemilik dan pelanggan kanal YouTube RaraTV. Hasil penelitian terdapat tahapan riset, membuat keunikan identitas, menetapkan tujuan, menentukan platform media digital, dan melakukan evaluasi konten kanal. Setelah itu, menerapkan konsep memengaruhi pemirsa seperti membuat perhatian, ketertarikan, keinginan, dan tindakan. Strategi ini juga dilaksanakan bersamaan dengan proses ketertarikan tingkat keterlibatan (engagement rate) antara RaraTV dengan netizen, seperti interaksi antara RaraTV dan netizen di kolom komentar yang mana banyak dari netizen memberikan komentar positif, banyak tanda suka, dan retensi pemirsa cukup baik mengindikasi bahwa kanal YouTube RaraTV dalam kategori kanal yang bagus dan positif sebagai tontonan sekaligus informatif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Saputra, Erik Hadi
Uncontrolled Keywords: Konten Kreator, YouTube, RaraTV
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jun 2023 03:47
Last Modified: 23 Jun 2023 02:39
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19921

Actions (login required)

View Item View Item