Ghaniyasyah, Muhammad Abdurrahman (2023) STRATEGI KONTEN KREATOR DESTINASI WISATA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN DAN PENONTON (Studi Kasus: Pada Kanal Youtube RARATV ). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (632kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (295kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (975kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.96.1300 Muhammad Abdurrahman Ghaniyasyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
Abstract
RaraTV merupakan kanal YouTube tentang destinasi wisata yang dikelola oleh seorang konten kreator dan terbilang populer pada awal tahun 2021 sampai pertengahan 2022, karena dalam satu tahun mampu mendapatkan 31.000 pelanggan dan 6.000.000 penonton dibanding dengan kanal konten kreator lain yang memiliki tema sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi konten kreator destinasi wisata dalam meningkatkan jumlah pelanggan dan penonton serta mendeskripsikan proses yang dilakukan konten kreator kanal YouTube RaraTV dalam memengaruhi perhatian para target penonton. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada obyek penelitian yakni kanal YouTube RaraTV. Pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan para informan yaitu pemilik dan pelanggan kanal YouTube RaraTV. Hasil penelitian terdapat tahapan riset, membuat keunikan identitas, menetapkan tujuan, menentukan platform media digital, dan melakukan evaluasi konten kanal. Setelah itu, menerapkan konsep memengaruhi pemirsa seperti membuat perhatian, ketertarikan, keinginan, dan tindakan. Strategi ini juga dilaksanakan bersamaan dengan proses ketertarikan tingkat keterlibatan (engagement rate) antara RaraTV dengan netizen, seperti interaksi antara RaraTV dan netizen di kolom komentar yang mana banyak dari netizen memberikan komentar positif, banyak tanda suka, dan retensi pemirsa cukup baik mengindikasi bahwa kanal YouTube RaraTV dalam kategori kanal yang bagus dan positif sebagai tontonan sekaligus informatif.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Konten Kreator, YouTube, RaraTV | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jun 2023 03:47 | ||
Last Modified: | 23 Jun 2023 02:39 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19921 |
Actions (login required)
View Item |