Yasin, Muhammad (2023) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK- ANAK DENGAN CONSTRUCT 2 MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC) BERBASIS ANDROID (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN DARUL AMANAH). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (172kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (564kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (79kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
fiks Source Code 18.120607 Muhammad Yasin.zip Restricted to Repository staff only Download (109MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.12.0607 Muhammad Yasin.pdf Restricted to Repository staff only Download (616kB) |
Abstract
Huruf Hijaiyah atau huruf Arab digunakan untuk membaca dan menulis kitab suci Al-Qur’an di Agama Muslim di seluruh dunia dari zaman terdahulu sampai sekarang.Belajar huruf Hijaiyah adalah cara pertama untuk membaca dan menulis kitab suci Al-Qur’an. Untuk membantu meningkatkan kemampuan membaca dan menulis huruf hijaiyah pada anak sangat diperlukan pemilihan metode atau media pembelajaran yang tepat serta strategi yang baik, karena memiliki andil yang sangat besar dalam proses pembelajaran.Di era sekarang perkembangan teknologi informasi sangat pesat bahkan sudah mencakup seluruh aspek kehidupan masyakarat,termasuk dunia pendidikan. Dampak teknologi informasi di dunia Pendidikan seperti media buku pembelajaran pada anak sudah mulai berpindah ke aplikasi-aplikasi pembelajaran yang lebih efektif,efesien dan interaktif. Dari situ dipilihlah sistem operasi berbasis android dikarenakan sistem operasi berbasis android sistem yang paling banyak diminati dan dipakai seluruh orang di dunia jadi aplikasi pembelajaran yang akan dapat digunakan kapan saja dan dimana saja.Aplikasi tersebut dibuat menggunakan game engine construct 2. Dalam aplikasi tersebut berisi untuk mengenalkan huruf hijaiyah beserta pengucapannya. Dalam aplikasi tersebut berisi untuk mengenalkan huruf hijaiyah beserta pengucapannya.Hasil yang diperoleh dari penilitian ini bahwa terjadi peningkatan pemahaman tentang huruf hijaiyah dari 66% menjadi 77% dibandingkan dari sebelum bermain game dengan setelah bermain game.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Muslim, Huruf Hijaiyah, Construct 2, GDLC, Android,Al-Qur’an | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 17 Jun 2023 03:36 | ||
Last Modified: | 23 Jun 2023 03:16 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19914 |
Actions (login required)
View Item |