PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PENGENALAN BUAH-BUAHAN BERBASIS ANDROID

Badjeber, Hidayat (2023) PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA PENGENALAN BUAH-BUAHAN BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
fiks Source Code 19.12.1376 Hidayat Badjeber.zip
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.12.1376 Hidayat Badjeber.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengenalan buah-buahan kepada anak dapat menambah pengetahuan anak akan jenis dan manfaat buah. Saat ini media pembelajaran pengenalan buah-buahan yang diterapkan anak masih menggunakan gambar dua dimensi dan buku. Alat pembelajaran seperti gambar dua dimensi dan buku membuat para anak jenuh dan kurang menunjukkan minatnya dalam belajar karena bosan dengan media pembelajaran yang kurang menarik bagi anak-anak. Manfaat dari penggunaan augmented reality dalam kehidupan sehari-hari kita salah satunya bisa dipakai sebagai media pembelajaran yang di gunakan untuk mendukung proses belajar dan mengajar agar lebih cepat dan mudah media pembelajaran sangatlah penting dalam proses belajar mengajar dengan media pembelajaran bertugas untuk mempermudah para orang tua untuk menyampaikan materi pelajaran kepada anak. Media pembelajaran adalah sebagai alat bantu dan mempermudah orang tua dalam menyampaikan infromasi secara jelas dan membuatnya menjadi lebih menarik. Dari permasalahan tersebut dapat dengan mudah diatasi menggunakan augmented reality. Teknologi augmented reality adalah sebuahvariasi dari dunia virtual reality yang bisa membuat kita masuk ke dunia maya yang disimulasikan oleh computer sedangkan augmented reality adalah kebalikan teknologi yang bisa menampilkan objek maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dunia nyata. Dengan teknologi augmented reality anak berinteraksi langsung dengan kamera smartphoneandroid mereka dengan melakukan scan marker dan melihat visualisasi buah-buahan dan mendegar nerasi atau membaca teks.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Media, Marker, Buah-buahan.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jun 2023 03:25
Last Modified: 23 Jun 2023 03:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19908

Actions (login required)

View Item View Item