PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SLB/C (SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN C) NEGRI 1 YOGYAKARTA BERBASIS INTERACTIVE MULTIMEDIA LEARNING

Narendro, Setho (2010) PERANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SLB/C (SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN C) NEGRI 1 YOGYAKARTA BERBASIS INTERACTIVE MULTIMEDIA LEARNING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (623kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_06.12.1804 Setho Narendro.zip
Restricted to Repository staff only

Download (280MB)

Abstract

Teknologi informasi multimedia merupakan suatu era baru dalam dunia informasi modern yang telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir. Dengan lahirnya era teknologi ini, produsen industri komputer tampaknya mendapatkan “angin segar” dengan lesunya permintaan hardware komputer oleh masyarakat, karena multimedia telah membangkitkan citra baru teknologi komputer. Secara umum, multimedia diartikan sebagai kombinasi teks, gambar, seni grafis, animasi, suara atau video. Aneka media tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan kerja yang akan menghasilkan suatu informasi yang memiliki nilai komunikasi interaktif yang sangat tinggi. Pada skripsi yang berjudul model pembelajaran tematik untuk SLB\C negri 1 Yogyakarta berbasis interactive multimedia learning ini akan di kemukakan bagamana cara membuat multimedia yang bersifat interaktif untuk sekolah luar biasa bagian C (tuna Grahita). Dimana sebelumya masih menggunakan buku cetak tematik yang memepunyai banyak kendala, diantaranya buku tersebut hanya berisi teks dan gambar yang cenderung membuat anak bosan, buku juga mudah sobek dan lusuh, alat peraga seperti crayon untuk menggambar, alat musik juga cepat rusak, dan itu semua mempengaruhi proses belajar dan mengajar tentunya Untuk memecahkan masalah tersebut maka akan dibuatlah sebuah media pembelajaran yang berbasis interactive multimedia learning, dimana untuk hilangnya buku, sobek dan lusuhnya buku, hilang dan tercecernya alat peraga dapat dihindari. Dalam program ini dibuat sebuah media pembelajaran tematik yang di dalamnya berisi beberapa mata pelajaran, antara lain: Bahasa Indonesia yang di dalamnya memuat membaca bacaan, menjawab pertanyaan, mengenal ekspresi wajah, dan melengkapi kata. Pelajaran matematika yang didalamnya dimuat materi mengenal nilai tempat, mengenal oprasi matematika, dan mengurutkan angka. Pelajaran pengetahuan alam yang didalamnya dimuat materi mengenal jenis hewan berdasar gerak tubuhnya, bagian-bagian tubuh hewan, perubahab benda dari padat ke cair. Pelajaran pengetahuan social, yang di dalamnya dimuat materi mengenal tempat umum dan tempat wisata, mengenal surat – surat penting. Pelajaran seni budaya yang didalamnya terdapat materi menggambar dengan paint box, bernyanyi, dan mengenal not lagu, ketrampilan yang bisa langsung dipraktekan. Dan menu permainan yang didalamya terdapat Game lucu berjudul “ Menyelamatkan kelinci dari kelelawar jahat” game menyusun gambar yang disebut “Puzzle” dan permainan menjawab kuis yang berbentuk pertanyaan. Sistem ini dibuat dengan software macromedia director MX 2004 sebagai software utama dan Adobe photoshop dan macromedia Flash MX sebagai software pendukungnya, dan untuk pengupdateannya dapat dilakukan secara berkala dan seseuai dengan kemajuan teknologi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Arief, M. Rudyanto
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tematik, interactive multimedia learning
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:12
Last Modified: 26 Sep 2023 02:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19578

Actions (login required)

View Item View Item