BUKU BELAJAR ALAM SEMESTA BERBASIS APLIKASI MULTIMEDIA AUGMENTED REALITY

Pane, Muhammad Lafran (2012) BUKU BELAJAR ALAM SEMESTA BERBASIS APLIKASI MULTIMEDIA AUGMENTED REALITY. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (858kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.01.2570 Muhammad Lafran Pane.zip
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Pada jaman sekarang ini. banyak buku yang menyajikan pengetahuan tentang alam semesta. Tapi semua buku tersebut hanya menyajikan tampilan dalam bentuk 2D. Kemudian buku-buku pun mulai ditinggalkan, karena tidak adanya pengembangan terhadap buku - buku. Jadi anak - anak merasa bosan. Anak - anak lebih memilih bermain gim, hanya karena gim menyajikan tampilan yang bagus. Tepatnya gim - gim tersebut menyajikan dalam tampilan 3D. Sedangkan untuk CD pembelajaran sekarang pun hampir semuanya menyajikan dalam tampilan 2D. Aplikasi berbasis flash sangat sering kita temui ketika membuka web pada browser manapun. banyak manfaat yang didapat dengan menggunakan aplikasi berbasis flash ini, contohnya sebagai media iklan, aplikasi gim, aplikasi interaktif, pemutar video dan musik, dsb. Pada kesempatan kali ini, kami akan membuat aplikasi yang dapat menggabungkan dunia maya dan dunia nyata dengan bantuan kamera yang terpasang pada komputer. Aplikasi ini disebut "Augmented Reality". AUgmented reality ditemukan pada abad ke-19. Augmented reality ditemukan dalam beberapa bahasa pemrograman, salah satunya yaitu Actionscript 3.0. Dengan menggunakan Actionscript 3.0 yang merupakan pengebangan dari actionscrip 2.0, aplikasi ini dapat dikembangkan. Aplikasi ini nantinya akan mendeteksi seuah gambar berpola yang ada pada buku, ketika kamera menangkap sebuah gambar sebagai penanda tersebut, maka sebuah gambar animasi 3D akan muncul pada layar komputer. Tidak hanya menyajikan animasi dalam bentuk 3D, aplikasi ini juga dapat mengeluarkan suara yang akan mendeskripsikan beberapa planet dalam tata surya. Aplikasi ini sangat ramah dan mudah digunakan untuk anak - anak.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei P
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Augmented Reality, Actionscript 3.0
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 06 Jun 2023 03:01
Last Modified: 24 Nov 2023 07:44
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19532

Actions (login required)

View Item View Item