-, Fakhrurridha (2011) PEMBUATAN KARAKTER 3D SOEHARTO DENGAN AUTODESK MAYA 2011. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (776kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (783kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (766kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (66kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.12.3273 Fakhrurridha.zip Restricted to Repository staff only Download (101MB) |
Abstract
Soeharto adalah presiden kedua dan sekaligus presiden yang paling lama menjabat di indonesia. Pada masa sekarang teknologi berkembang dalam segala bidang termasuk bidang pendidikan, penulisan ini sendiri bertujuan membuat kembali figur soeharto untuk pembuatan image(gambar) baik berupa poster, wallpaper, atau bahkan film animasi untuk kepentingan dunia pendidikan maupun hiburan. Penulisan ini akan membahas mengenai Pembuatan Model 3D Karakter Soeharto. mulai dari pembuatan model 3D low poly karakter hingga kepada high poly, pemberian tekstur pada model 3D tersebut, dan pemberian rig. Implementasi Model 3Dimensi ini dibuat dengan menggunakan perangkat lunak Autodesk Maya 2011 dengan menggunakan Teknik high poly modelling yaitu pada saat membuat objek 3D, poligon dibentuk dari suatu line yang telah di Edit sehingga poligon tersebut menjadi sebuah karakter manusia dan pemberian material atau tekstur pun menggunakan teknik UVW Unwarp yang dilakukan dengan membuat pemetaan pada objek 3D serta penambahan shading dengan gambar 2D yang di buat menggunakan Adobe Photoshop CS3, sedangkan untuk pengayaan texture menggunakan teknik pemetaan normal dimana permukaan low poly objek dapat memalsukan pencahayaan dari gundukan dan lekukan berdasarkan pemetaan high poly objek yang dibuat menggunakan teknik sculpting menggunakan ZBrush, dan animation deformer dan rigging dilakukan dengan rigging tool yang sudah ada pada Autodesk Maya 2011. pada awal penelitian untuk pembuatan karakter pada umumnya ditemukan bahwa sulit dipastikan bagaimana bentuk dan banyaknya mesh loop yang diperlukan untuk sebuah karakter yang benar terutama pada bagian wajah, banyak pemodel yang terjebak atau terlalu asik dengan proses smoothing sehingga menimbulkan terlalu banyak mesh loop yang dihasilkan yang sebenarnya tidak diperlukan, hal tersebut juga akan berdampak pada skinning yang buruk dan animation deformer yang buruk.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Soeharto, pendidikan, low poly, high poly, UV unwrap, pemetaan normal, sculpting, animation deformer, rigging. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 29 May 2023 06:51 | ||
Last Modified: | 22 Sep 2023 04:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19343 |
Actions (login required)
View Item |