MEMBUAT GAME KUROHAN : PHANTASY WORLD MENGGUNAKAN PROGRAM RPG MAKER 2003

Wijatmoko, Try Yugo (2011) MEMBUAT GAME KUROHAN : PHANTASY WORLD MENGGUNAKAN PROGRAM RPG MAKER 2003. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (475kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_07.12.2361 Try Yugo Wijatmoko.zip
Restricted to Repository staff only

Download (46MB)

Abstract

Seperti yang diketahui bahwa saat ini dunia semakin memperlihatkan kemajuannya dalam teknologi terutama dalam perkembangan pembuatan game. Saat pertama kali game diciptakan, ide awal yang digunakan adalah bahwa game merupakan aktivitas yang dilakukan untuk memberikan kesan kesenangan dan menghibur bagi para pemainnya. Namun ternyata di samping itu game juga dapat digunakan sebagai penghubung bagi pemainnya terutama bagi anak-anak untuk mempelajari apa yang terkandung dalam game tersebut. Misalnya game yang memberikan pembelajaran berhitung atau berbahasa bagi anak-anak yang akan masuk sekolah. Sehingga hanya dengan memainkannya dan berinteraksi langsung dengan permainan tadi, si anak akan mengerti bagaimana menyusun huruf atau angka sehingga dapat menjadi suatu kompleksitas dari suatu kata untuk mengenal dunia sekitarnya. Jadi dengan hadirnya game, orang yang tidak mengerti dengan game terutama orang tua tidak hanya memberikan pandangan negatif bahwa game merupakan alat permainan yang membuat seseorang atau anaknya menjadi bodoh dengan memainkannya hingga lupa waktu untuk belajar. Melainkan game dapat memberikan ilmu atau pembelajaran dengan bahasanya yang sedikit berbeda dan juga memberikan kesan menghibur. Namun bukan berarti harus memainkannya terus-menerus sampai lupa waktu. Game seperti halnya sebuah musik juga memiliki jenisnya (genre) antara lain yaitu RPG (Role Playing Game), RTS (Real Time Strategy), Adventure, Simulator, Sport, Action, FPS (First Person Shooting), dll. Selain itu semua jenis game ini juga dapat dimainkan dengan berbagai macam platform misalnya PC, PSX, PS2, XBOX, Wii, PSP dll. Dan dalam pembahasan ini saya akan membuat game yang bergenre RPG. RPG (Role Playing Game) seperti namanya adalah sebuah game yang memiliki alur cerita dimana user menjadi orang yang memiliki peran penting atau pemain utama di dalamnya. Apa yang harus di lakukan di sebuah dunia, atau peran apa yang akan dimainkan dan bagaimana cara bertindak maupun mengambil keputusan apa yang baik menurut user. Dan semua itu nantinya akan sangat berpengaruh dalam jalan cerita gamenya sendiri.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Game, Platform, Genre
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 May 2023 03:03
Last Modified: 03 Oct 2023 01:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19195

Actions (login required)

View Item View Item