-, Asriyani (2011) KOMPUTERISASI SISTEM PENGOLAHAN DATA TAMU PADA HOTEL PURNAMA 1 MUNTILAN BERBASIS CLIENT SERVER. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (240kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (68kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_08.02.7085 Asriyani.zip Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Didalam suatu perhotelan memiliki data diantaranya adalah memiliki data tamu, data keluar masuk tamu data karyawan dan data administrasi, namun pengolahannya masih bersifat manual dan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses pengadministrasiannya, oleh karena itu perlu dicari alternatif dalam penanganan data tersebut. Kalau kita cermati bersama, komputer merupakan solusi terbaik dalam pengolahan data perhotelan. Komputer mampu memecahkan masalah, bukan hanya dalam perhitungan tetapi juga dalam kemampuan menyimpan dan memberikan informasi . walaupun demikian dalam masyarakat modern komputer banyak dimanfaatkan sebagai pusat data (database) dibanding pengunaan lainnya. Karena peran database yang sangat menonjol. Pemrosesan basis data menjadi perangkat andalan yang kehadiranya sangat diperlukan, dan tidak hanya mempercepat perolehan informasi, tetapi juga dapat meningkatkan pelayanan terhadap tamu Hotel. Tidak hanya sekedar informasi kepada tamu, tetapi dapat langsung dipantau oleh pemilik hotel tapa harus menunggu laporan bulanan dari petugas. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang diambil adalah bagaimana cara pembuatan sistem database yang terpusat dengan menggunakan sistem biling sehingga data yang dimasukkan tidak ada pada computer pengentrian data, tetapi pada server yang langsung dapat dipantau oleh pemiliknya, serta pengelolaannya dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic. Bagaimana proses kerja program sehingga dapat diakses pada berbagai komputer pelayanan yang ada, tetapi tetap pada satu informasi (server) Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memudahkan petugas front desk hotel dalam menangani semua informasi kamar, tamu dan pengunjung hotel, serta membuat beragam laporan yang diperlukan sehingga pelayanan kepada tamu dan pengunjung menjadi lebih maksimal, cepat dan akurat, untuk dapat melayani tamu, pengunjung dan pengguna jasa hotel lainnya secara cepat dan memuaskan sehingga menimbulkan image yang baik mengenai hotel. Pembuatan sistem manajemen perhotelan ini menerapkan bahasa pemrograman yang disusun oleh programer-programer yang handal dan berpengalaman tentang Microsoft Visual Basic, juga perancangan sistem basis data dari suatu Database Management System (DBMS). Hasil kegiatan yang akan dilaksanakan adalah program manajemen database perhotelan. Dan bagaimana sistem manajemen perhotelan tersebut dapat bekerja untuk memaksimalkan kepuasan tamu hotel.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sistem pengolahan data tamu, Database Management System (DBMS) | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 May 2023 03:01 | ||
Last Modified: | 11 Dec 2023 06:38 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19190 |
Actions (login required)
View Item |