PEMBUATAN GAME “MENCEGAH BANJIR” MENGGUNAKAN ADOBE FLASH

Amar, Muhamad Abu (2013) PEMBUATAN GAME “MENCEGAH BANJIR” MENGGUNAKAN ADOBE FLASH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.11.4406 Muhamad Abu Amar.zip
Restricted to Repository staff only

Download (159MB)

Abstract

Banjir adalah kondisi air yang menenggelamkan atau mengenangi suatu area atau tempat yang semula tidak terendam air menjadi terendam akibat volume air yang bertambah seperti sungai atau danau yang meluap, hujan yang terlalu lama, tidak adanya saluran pembuangan sampah yang membuat air tertahan, tidak adanya pohon penyerap air dan lain sebagainya.Banyak di antara kita khususnya generasi muda tidak mengetahui penyebab dan dampak banjir.Oleh karena itu pengenalan mengenai penyebab dan dampak banjir merupakan suatu keharusan agar generasi muda dapat memahami dan mencegahnya dari kehidupan sehari-hari mereka. Untuk menyelesaikan masalah tersebut game adalah salah satu alat yang efektif untuk mengenalkan mengenai penyebab dan dampak banjir pada generasi muda saat ini. Pada game ini,digunakan konsep simulation yang menggambarkan tentang segala suatu hal di dalam kehidupan nyata yang berkaitan dengan banjir. Dalam game ini terdapat tiga level yang setiap level mempunyai misi masing masing,pada setiap misi terdapat tugas-tugas yang harus di selesaikan,misi misi yang harus di selesaikan antara lain membuang sampah pada tempat yang disediakan,mengalirkan aliran sungai yang tersumbat dan menanam pohon,pemain di haruskan menyelesaikan setiap misi tersebut sebelum waktunya habis.Selain sebagai media pembelajaran game ini juga memberikan hiburan yang bermanfaat kepada anak-anak.Untuk membuat aplikasi game ini menggunakan software adobe flash, corel draw dan menggunakan actionscript sebagai script pendukung. Dengan menggunakan game sebagai media pemahaman mengenai masalah banjir kita dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, Psycomotoric. Dan juga salah satu metode pembelajaran yang dirasa cocok dengan kondisi generasi digital sekarang ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Kusnawi
Uncontrolled Keywords: Banjir, Game Flash, Edukasi.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 May 2023 07:18
Last Modified: 14 Nov 2023 04:28
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/19023

Actions (login required)

View Item View Item