PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK SILHOUETTE ANIMATION DAN MORPHING ANIMATION “ABU NAWAS MEMINDAHKAN ISTANA KE ATAS GUNUNG” DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4

Oktariansyah, Tedy (2013) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK SILHOUETTE ANIMATION DAN MORPHING ANIMATION “ABU NAWAS MEMINDAHKAN ISTANA KE ATAS GUNUNG” DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.12.3748 Tedy Oktariansyah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (3GB)

Abstract

Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga karakter animasi dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar yang ditampilkan itu berubah beraturan dan bergantian. Sehingga pengertian film animasi adalah gambar bergerak yang terdiri dari beberapa gambar mati (Still images) yang saling berkorelasi. Pada mulanya pembuatan animasi membutuhkan banyak sekali lembaran-lembaran kertas gambar (Frames) yang kemudian diputar sehingga memunculkan efek serangkaian gambar yang bergerak (Sequence). Pada kebanyakan masalah dalam pembuatan film animasi 2D seorang animator terlalu sempit dalam memperhatikan prinsip-prinsip dalam animasi seperti, Anticipation, Slow-In and Slow-Out, serta Secondary Action seperti gerakan-gerakan pendukung dalam gerakan utama, padahal dalam prinsip-prinsip animasi terdapat Follow Through and Overlapping Action yang berarti bergerak mengikuti hukum alam, dan masih ada Appeal bahwa film animasi 2D harus memiliki daya tarik tertentu secara jelas, bisa ditunjukan pada pembuatan bentuk karakter, atau gerak karakter dalam cerita film animasi 2D tersebut. Penelitian ini bertujuan bagaimana membuat sebuah film animasi 2D dengan menggunakan teknik animasi silhouette dan animasi morphing, yang bertujuan menyempurnakan gerakan halus pada gerakan karakter pada saat karakter berubah dari bentuk pertama yang kemudian mengubah dirinya menjadi bentuk yang lain. Dengan konsep tersebut maka dibuatlah penelitian ini yang berjudul “PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK SILHOUETTE ANIMATION DAN MORPHING ANIMATION ABU NAWAS MEMINDAHKAN ISTANA KE ATAS GUNUNG DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4”

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, M. Rudyanto
Uncontrolled Keywords: Animasi, Frame, 2D, Gambar.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 19 May 2023 02:49
Last Modified: 04 Oct 2023 03:08
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18940

Actions (login required)

View Item View Item