Oktariansyah, Tedy (2013) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK SILHOUETTE ANIMATION DAN MORPHING ANIMATION “ABU NAWAS MEMINDAHKAN ISTANA KE ATAS GUNUNG” DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (974kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (989kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (120kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (29kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_09.12.3748 Tedy Oktariansyah.zip Restricted to Repository staff only Download (3GB) |
Abstract
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. sehingga karakter animasi dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar yang ditampilkan itu berubah beraturan dan bergantian. Sehingga pengertian film animasi adalah gambar bergerak yang terdiri dari beberapa gambar mati (Still images) yang saling berkorelasi. Pada mulanya pembuatan animasi membutuhkan banyak sekali lembaran-lembaran kertas gambar (Frames) yang kemudian diputar sehingga memunculkan efek serangkaian gambar yang bergerak (Sequence). Pada kebanyakan masalah dalam pembuatan film animasi 2D seorang animator terlalu sempit dalam memperhatikan prinsip-prinsip dalam animasi seperti, Anticipation, Slow-In and Slow-Out, serta Secondary Action seperti gerakan-gerakan pendukung dalam gerakan utama, padahal dalam prinsip-prinsip animasi terdapat Follow Through and Overlapping Action yang berarti bergerak mengikuti hukum alam, dan masih ada Appeal bahwa film animasi 2D harus memiliki daya tarik tertentu secara jelas, bisa ditunjukan pada pembuatan bentuk karakter, atau gerak karakter dalam cerita film animasi 2D tersebut. Penelitian ini bertujuan bagaimana membuat sebuah film animasi 2D dengan menggunakan teknik animasi silhouette dan animasi morphing, yang bertujuan menyempurnakan gerakan halus pada gerakan karakter pada saat karakter berubah dari bentuk pertama yang kemudian mengubah dirinya menjadi bentuk yang lain. Dengan konsep tersebut maka dibuatlah penelitian ini yang berjudul “PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D DENGAN TEKNIK SILHOUETTE ANIMATION DAN MORPHING ANIMATION ABU NAWAS MEMINDAHKAN ISTANA KE ATAS GUNUNG DENGAN MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS4”
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi, Frame, 2D, Gambar. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 19 May 2023 02:49 | ||
Last Modified: | 04 Oct 2023 03:08 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18940 |
Actions (login required)
View Item |