Farwanto, Arif Dian (2010) PENGEMBANGAN APLIKASI PERMAINAN SUDOKU KATA DENGAN SOLUSI ALGORITMA RUNUT-BALIK PADA PLATFORM J2ME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (29kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_06.21.0319 Arif Dian Farwanto.zip Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
Abstract
Aplikasi permainan (game) merupakan aplikasi yang saat ini masih terus berkembang dan sangat diminati pengguna telepon genggam (handphone) sebagai salah satu fitur entertainment pada handphone yang sudah menggunakan fitur “Java Enable”. Salah satu aplikasi permainan yang digemari ialah sudoku dengan berbagai variasi permainannya. Dengan mewabahnya game yang bersifat mengasah logika para pemain, maka aplikasi permainan ini sangat cocok untuk dimainkan pada handphone. Sudoku sebagai sebuah permainan teka-teki angka yang sederhana, telah menyihir seluruh dunia mulai dari anak-anak sampai orang tua. Untuk memainkan puzzle angka ini pemain tidak perlu berpikir keras, tidak harus mempunyai intelektualitas yang tinggi, dan tidak perlu handal berhitung, karena yang dibutuhkan hanya kemampuan berpikir secara logika, kesabaran tinggi dan ketajaman akurasi. Untuk merancang permainan sudoku yang interaktif diperlukan solusi algoritma untuk mengacak (generate) teka-teki sudoku, dari permasalahan tersebut maka dipilihlah algoritma runut-balik. Algoritma Runut-balik (backtracking) adalah algoritma yang berbasis pada DFS (Depth First Search) untuk mencari solusi persoalan secara lebih mangkus. Backtracking, yang merupakan perbaikan dari algoritma brute-force, secara sistematis mencari solusi persoalan di antara semua kemungkinan solusi yang ada. Hanya saja algoritma ini merupakan pencarian yang mengarah ke solusi yang dipertimbangkan saja. Disini kami mencoba menganalisis penggunaan algoritma runut-balik dalam permainan sudoku yaitu untuk proses pengacakan teka-teki sekaligus mencari solusi jawaban dari teka-teki
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Permainan, Sudoku, Algoritma runut-balik, Puzzle, Solusi. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 May 2023 02:11 | ||
Last Modified: | 16 Nov 2023 06:48 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18824 |
Actions (login required)
View Item |