Darmawan, Tonnyro Putra (2010) MEMBANGUN MOBILE GAME SOKOBAN PADA PONSEL BERBASIS JAVA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (495kB) |
|
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (600kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_06.11.1179 Tonnyro Putra Darmawan.zip Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
Abstract
Industri game merupakan salah satu industri yang paling menguntungkan dalam dunia bisnis modern. Nilai penjualan industri game pada tahun 2008 mencapai $21,33 miliar. Tingginya minat orang-orang terhadap game menjadikan industri game berkembang sangat cepat dam memunculkan berbagai jenis game. Termasuk juga game puzzle seperti game sokoban yang dapat dimainkan pada perangkat mobile. Game sokoban merupakan game puzzle yang tercipta sekitar tahun 1980, oleh Hiroyuki Imabayashi dan sangat cocok dimainkan pada perangkat mobile. Game sokoban dimainkan dengan menggerakkan paket-paket yang ada menuju goal yang telah ditetapkan melewati maze dengan tingkat kesulitan tertentu sambil berusaha menghindari kondisi deadlock. Game sokoban sendiri saat ini banyak ditanam pada ponsel-ponsel lama dengan resolusi yang kecil, tetapi ada juga game sokoban mobile berbasis Java yang dapat di download secara bebas di internet. Tetapi, ada hal yang tidak dapat dipenuhi game-game sokoban yang ada. Selama ini game sokoban dibuat dengan resolusi tertentu, sehingga bila dimainkan pada ponsel dengan resolusi yang lebih kecil, maka bagian tertentu dari game akan hilang, dan bila menggunakan ponsel dengan resolusi yang lebih besar, maka game akan terlihat kecil sehingga sulit untuk dimainkan. Berkaitan dengan hal itu, ada hal yang menarik untuk dipertanyakan. bagaimana membuat game sokoban mobile yang dapat dimainkan pada ponsel dengan tingkat resolusi yang berbeda ? Pada skripsi ini, penulis mencoba membuat game sokoban berbasis Java yang menarik untuk dimainkan sebagai hiburan pecinta perangkat mobile dan dapat dimainkan pada tingkat resolusi yang berbeda-beda. Disamping itu, penulis juga mengharapkan suatu saat nanti ada pengembang game sokoban yang dapat menciptakan level dengan tingkat kesulitan berbeda dan lebih banyak, disertai fitur penyimpanan score agar pemain dapat mengetahui perkembangannya dalam bermain sokoban.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Mobile game, Java. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 May 2023 01:39 | ||
Last Modified: | 01 Nov 2023 03:20 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18819 |
Actions (login required)
View Item |