PERANCANGAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN SERANGGA PADA ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : KB AL-Hakim)

Jannah, Aliya Miftahul (2021) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN SERANGGA PADA ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : KB AL-Hakim). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (617kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-16.12.9467-Aliya Miftahul Jannah - Aliya Miftahul Jannah.apk
Restricted to Repository staff only

Download (85MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-16.12.9467-Aliya Miftahul Jannah - Aliya Miftahul Jannah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan komunikasi pada saat ini telah berkembang dengan sangat pesat. Hampir semua manusia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa telah mulai mengenal dan menggunakan teknologi yang canggih. Dengan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi, berkembang pula teknologi augmented reality atau AR. Augmented reality dapat membantu seseorang dalam mempelajari sesuatu yang baru, dikarenakan Augmented reality bersifat interaktif dan real time, seseorang akan lebih mudah untuk memahami sesuatu hal lebih baik. Augmented reality dapat diterapkan dalam berbagai bidang salah satunya dalam bidang pendidikan, khususnya pada anak. Dalam pembuatan aplikasi AR ini metode yang digunakan yaitu Markerless Augmented reality yang menggunakan User Defined Target sebagai image target nya dimana pengguna dapat menggunakan objek apapun seperti buku, foto, dinding untuk menampilkan objek pada augmented reality tersebut. Dibuatnya media interaktif berbasis AR untuk anak diharapkan dapat lebih membantu anak dalam mempelajari hal-hal yang ada disekitarnya salah satu contohnya serangga. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini nantinya dapat membantu guru untuk memvisualisasikan dan mempelajari bentuk dan jenis-jenis Serangga yang ada kepada muridnya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satya, Barka
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, Serangga, Insects
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 21 Jun 2022 02:17
Last Modified: 14 Aug 2023 06:58
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item