REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN KECAP ABC VERSI “BANTU SUAMI SEJATI HARGAI ISTRI”

Maulana, Edwin (2023) REPRESENTASI KESETARAAN GENDER DALAM IKLAN KECAP ABC VERSI “BANTU SUAMI SEJATI HARGAI ISTRI”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (825kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (458kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_19.96.1195_Edwin Maulana - Edwin Maulana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)

Abstract

Kesetaraan gender di masa kini menjadi pembahasan yang lumrah diperbincangkan. Banyak organisasi maupun aktivis yang melindungi dan mendukung hak asasi manusia melalui berbagai cara, salah satunya dengan iklan. Iklan kecap ABC versi “Bantu Suami Sejati Hargai Istri” menjadi salah satu iklan yang mengangkat tema isu kesetaraan gender dalam lingkup keluarga. Fokus penelitian ini adalah merepresentasikan pesan kesetaraan gender. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengkaji pesan-pesan kesetaraan gender yang terdapat pada iklan kecap ABC versi “Bantu Suami Sejati Hargai Istri”. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif menggunakan metode Semiotika Charles Sanders Pierce, dan mengaitkannya dengan teori Representasi dan Struktural Fungsional. Data penelitian ini berupa data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa pesan kesetaraan gender yang terdapat pada iklan kecap ABC versi “Bantu Suami Sejati Hargai Istri” direpresentasikan dengan adegan yang melakukan kegiatan domestik seperti seperti memasak menunjukkan kesetaraan gender dalam lingkup keluarga. Peneliti berharap kedepannya banyak teori dan konsep lain yang dapat digunakan untuk melakukan analisis terhadap iklan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Adiyanto, Wiwid
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Semiotika, Charles Sanders Pierce, Iklan Kecap ABC Versi “Bantu Suami Sejati Hargai Istri”.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:51
Last Modified: 27 Jul 2023 06:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18571

Actions (login required)

View Item View Item