Triyanti, Resy Ulfa (2023) APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA MENGEKSPRESIKAN DIRI DAN POPULARITAS DI KALANGAN REMAJA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (958kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (470kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (75kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (702kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0601 Resy Ulfa Triyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (738kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sampai sekarang dan dapat memberikan banyak manfaat di dalam kehidupan manusia baik dari pengaruh sosial maupun pengaruh budaya. Hadirnya internet memberikan ruang digital baru yang dapat menciptakan kebersamaan manusia yang menjadi sebuah ruang yang bermanfaat. Salah satu manfaat dari internet yaitu beragam akses yang dapat kita telusuri tentang informasi dan hiburan dari berbagai penjuru dunia Tik Tok merupakan salah satu aplikasi platform media sosial yang bisa digunakan untuk menciptakan video pendek. Aplikasi Tik Tok juga mempunyai berbagai macam pilihan fitur seperti musik, stiker, filter pada video, filter voice dan beberapa fitur kreatif yang tersedia. Saat ini Tik Tok adalah aplikasi yang sedang populer di kalangan remaja, remaja yang menggunakan dan memanfaatkan Tik Tok sebagai platform untuk mengekspresikan diri dan untuk meningkatkan popularitas pada penggunanya dengan berbagai cara yang digunakan masing-masing pengguna. Tik Tok juga menjadi salah satu platform untuk kita memberi atau memperoleh informasi dan pengetahuan yang sudah dibuat dengan padat dan jelas melalui konten Tik Tok. Penelitian ini memiliki tujuan pada pembahasan aplikasi Tik Tok ini ingin mengetahui apakah platform media sosial Tik Tok ini dapat menjadi tempat untuk mengekspresikan diri dan popularitas di kalangan remaja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan tipe penelitian induktif, penelitian ini menggunakan Teknik wawancara kepada remaja berusia 12-20 tahun, mulai dari remaja awal sampai remaja akhir. Pengguna aktif dari platform media sosial Tik Tok dan telah menggunakan lebih dari 3 bulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan hampir kesamaan pendapat antara narasumber. Dari teori Abraham Maslow Dikemukakan oleh Abraham Maslow tahun 1943, Hierarki kebutuhan manusia menurut Maslow adalah dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan penghargaan, kebutuhan aktualisasi diri. peneliti menemukan kelima narasumber sudah terpenuhi kebutuhannya. Dari wawancara narasumber peneliti menemukan bahwa aplikasi Tik Tok dapat dijadikan sebagai tempat ekspresi diri dan tempat untuk popularitas di kalangan remaja. Awalnya informan menggunakan untuk mengisi waktu luang dan media hiburan saja, tetapi karena kontennya sering FYP (For Your Page), terjadi harapan untuk menjadi popular. Popularitas adalah yang berarti kesenangan, yang dimana banyak mendapat perhatian dan dihargai oleh banyak orang.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Remaja, Aplikasi Tik Tok, Mengekspresikan Diri, Popularitas Diri. | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 14 Apr 2023 01:39 | ||
Last Modified: | 27 Jul 2023 06:41 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18565 |
Actions (login required)
View Item |