PERANCANGAN GAME EDUKASI AR PENGENALAN BANGUN RUANG BERBASIS ANDROID UNTUK SD NEGERI 1 GUNTING

Anugerah, Ilham Bintang (2023) PERANCANGAN GAME EDUKASI AR PENGENALAN BANGUN RUANG BERBASIS ANDROID UNTUK SD NEGERI 1 GUNTING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (974kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (79kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (695kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 19.12.1008 Ilham Bintang Anugerah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (113MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.12.1008 Ilham Bintang Anugerah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (757kB)

Abstract

Dalam bermain, anak dapat meningkatkan penalaran, dan memahami lingkungannya, membentuk daya imajinasi, daya fantasi, dan kreativitas. Penerapan bermain dalam bidang pendidikan sangat membantu dalam kegiatan belajar dan mengajar salah satunya adalah pemanfaatan perangkat android sebagai media bermain dan belajar pada suatu mata pelajaran. Mata pelajaran yang bisa memanfaatkan teknologi perangkat android salah satunya adalah mata pelajaran matematika dengan topik pembelajaran bangun ruang. Selama ini media pembelajaran untuk mengetahui tentang bangun ruang di jenjang sekolah dasar masih melakukan pembelajaran melalui buku, gambar 2D, video, alat peraga dari kayu ataupun plastik. Dari media pembelajaran tersebut siswa sekolah dasar cenderung merasakan bahwa hal tersebut kurang interaktif dan sulit dipahami. Permasalahan tersebut menurut penulis bisa diatasi dengan Augmented Reality. Dengan teknologi Augmented Reality siswa pun dapat berinteraksi langsung dengan melakukan scan marker dan dapat melihat bentuk 3D dari bangun ruang itu sendiri melalui layar perangkat perangkat android. Sehingga tercipta media pembelajaran dan bermain yang interaktif karena terjadi interaksi antara siswa dan media pembelajaran. Tidak hanya siswa dapat berinteraksi, siswa dapat mengetahui pengertian dan juga rumus dari objek 3D bangun ruang tersebut melalui narasi dan sebuah gambar. Kemudian terdapat quiz untuk evaluasi siswa apakah memahami bangun ruang atau tidak. Pada skripsi ini penulis mencoba untuk merancang, menganalisis dan membangun aplikasi sebagai media pembelajaran interaktif bangun ruang dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality berbasis android yang menarik minat belajar siswa dan membantu guru dalam menjelaskan bentuk bangun ruang yang nantinya objek bangun ruang bisa dilihat secara 3D menggunakan perangkat android.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Astuti, Ika Asti
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Bangun Ruang, Pembelajaran, Android.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Apr 2023 05:08
Last Modified: 26 Jul 2023 07:52
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18536

Actions (login required)

View Item View Item