REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN HEAD & SHOULDERS INDONESIA JOE TASLIM X FADIL JAIDI VERSI “SIAPAKAH BA SELANJUTNYA”

Pratama, M. Khaedir Ibnu (2023) REPRESENTASI MASKULINITAS DALAM IKLAN HEAD & SHOULDERS INDONESIA JOE TASLIM X FADIL JAIDI VERSI “SIAPAKAH BA SELANJUTNYA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (733kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 19.96.1206 M. Khaedir Ibnu Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

Laki – laki maskulinitas distereotipe bahwasannya laki – laki harus kuatm tegar, agresif dan tidak emosional. Maskulinitas sering dianggap sebagai sesuatu yang diperlukan untuk menunjukan suatu keberanian, ketangguhan dan kekuatan. Banyak orang atau organisasi melalui berbagai cara. Salah satunya iklan shampo Head & Shoulders Joe Taslim dan Fadil Jaidi “Siapakah BA Selanjutnya?” yang mengangkat tema isu maskulinitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan suatu tanda – tanda maskulinitas yang terdapat pada iklan Head & Shoulders Joe Taslim x Fadil Jaidi versi “Siapakah BA Selanjutnya” dengan model semiotika Charles Sanders Peirce dan bentuk representasi maskulinitas terhadap peran Joe Taslim dan Fadil Jaidi melalui representament, object dan interpretant. Jenis atau tipe penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan suatu analisis semiotika sebagai teknik analisis data dan paradigm konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan teroi representasi Stuart Hall dan maskulinitas. Data penelitian ini berupa data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, studi pustakan dan dokumentasi sebagai fokus pada topik peneltian ini. Kemudian objek yang digunakan yaitu menggunakan scene – scene yang menunujukan sisi maskulinitas terhadap pada peran yang ada pada iklan Head & Shoulders Joe Taslim x Fadil Jaidi versi “Siapakah BA Selanjutnya”. Hasil dari penelitian ini ditemukan suatu representasi maskulinitas dalam Head & Shoulders Joe Taslim x Fadil Jaidi versi “Siapakah BA Selanjutnya” berdasarkan menggunakan analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan memberikan gambaran yang dipromosikan tampilan fisik tipe laki – laki metroseksual yang selalu menjaga rambutnya dengan gaya berpakaian yang stylish, dianggap percaya diri, kuat dan mandiri serta menjadi idaman para wanita.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Pudrianisa, Sheila Lestari Giza
Uncontrolled Keywords: Iklan, Semiotika, Representasi, Head & Shoulders, Charles Sanders Peirce
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:59
Last Modified: 27 Jul 2023 06:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18526

Actions (login required)

View Item View Item