PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE APLIKASI KULINERKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN UX

Indratyasno, Rahmat (2023) PERANCANGAN ULANG USER INTERFACE APLIKASI KULINERKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN UX. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (647kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.1905 Rahmat Indratyasno.zip
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.1905 Rahmat Indratyasno.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

KulinerKu merupakan aplikasi marketplace pada mobile yang hanya berfokus pada penjualan makanan dan minuman. KulinerKu bertujuan untuk memberdayakan para UMKM makanan, usaha rumahan, serta individu yang suka memasak agar dapat mempromosikan jualanya dilingkungan sekitar. Aplikasi KulinerKu sudah dikembangkan selama 3 tahun hanya saja masih banyak user yang terkendala dan merasa tidak nyaman dengan tampilan aplikasi yang terlalu kaku. Hal inilah yang membuat user tidak nyaman dan tidak bertahan lama menggunakan aplikasi KulinerKu. Pada komentar di google play beberapa user berkomentar merasa tidak puas pada aplikasi ini. Untuk meningkatkan kenyamanan user pada aplikasi ini diperlukan perancangan desain user interface pada aplikasi Kulinerku menggunakan metode Lean UX. Metode Lean UX memiliki 4 tahapan yaitu Declare Assumption, Create MVP, Run an Experiments, dan Feedback and Research. Dengan menggunakan metode ini perancangan ulang yang akan dilakukan pada aplikasi KulinerKu dapat mempersingkat waktu, mengurangi dokumentasi dan dapat mengukur dan menvalidasi aplikasi yang dikembangkan sesuai dengan feedback dari user sehingga dapat meningkatkan kepuasan user. Hasil akhir setelah dilakukan perbandingan antara redesain dengan aplikasi lama didapatkan hasil bahwa skor redesain lebih tinggi dari skor aplikasi lama yaitu skor sebelum diredesain adalah 64,4 termasuk dalam grade D, dan sesuadah di redesain yaitu 82,5 termasuk dalam grade B. Dapat disimpulkan setelah dilakukanya redesain lebih unggul dibandingkan dengan desain lama aplikasi pada semua kategori usability.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Aziza, Rifda Faticha Alfa
Uncontrolled Keywords: UI/UX. Lean UX
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Apr 2023 05:32
Last Modified: 31 Jul 2023 06:36
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18437

Actions (login required)

View Item View Item