Setiawan, Eka (2023) PEMBUATAN KARAKTER HEWAN 3D DENGAN TEKNIK SCULPTING UNTUK PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA KETAHUN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (847kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (72kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.82.0368 Eka Setiawan.zip Restricted to Repository staff only Download (27MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0368 Eka Setiawan.pdf Restricted to Repository staff only Download (635kB) |
Abstract
Teknologi adalah kemampuan untuk menyediakan layanan dan memenuhi semua kebutuhan berbagai sektor, terutama administrasi publik. Teknologi yang sedang dikembangkan saat ini adalah teknologi 3D yang bertujuan agar visualisasi dapat dipahami oleh masyarakat luas, khususnya komunitas pendidikan itu sendiri.Pengumpulan data adalah berbagai cara yang digunakan untuk mengumpulkan data, mengumpulkan, mengambil atau menangkap data mempelajari. Kami tahu metode pemeliharaan, observasi dan dokumen. Dua penyebutan terakhir lebih banyak tentang sumber data. Metode ini dipilih bukan tanpa alasan. Pertimbangan utamanya adalah kemampuan metode pengumpulan data yang dipilih. kadang-kadang saja Diperlukan satu jalur. Namun, satu cara dinilai kurang mampu menangkap data secara lengkap, jadi diperlukan metode lain sebagai metode sekunder.Dari permasalahan yang diatas, peneliti mengambil solusi merancang dan membuat video animasi 3 dimensi ini. Hal ini dipilih karena agar audience (anak-anak) dapat melihat hewan dengan gambar 3 dimensi yang lebih nyata daripada gambar di buku, tanpa harus melihat hewanya langsung di dunia nyata. Diharapkan dengan perancangan dan pembuatan video animasi 3 dimensi, ilmu yang diberikan dapat dipahami dengan baik kepada audience (anakanak).Perancangan dan pembuatan film animasi 3D tentang pengenalan karakter hewan dengan menggunakan metode Teknik sculpting dilakukan dengan 4 tahap, pengumpulan data, pra-produksi, yang meliputi referensi, konsep ide, dan cerita. Kemudian tahap produksi yang meliputi desain karakter hewan, pembuatan background penggunaan Teknik sculpting, pemberian tekstur, riging, pembuatan controller, bind skin, paint skin, penataan environment, pembuatan animasi. Dan yang terakhir tahap pasca-produksi yang meliputi, compositing, proses editing, proses export video.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Hewan, Animasi 3D, Teknik memahat, Autodesk maya, Adobe premier pro, Adobe photoshop. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Apr 2023 04:45 | ||
Last Modified: | 27 Jul 2023 02:57 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18416 |
Actions (login required)
View Item |