Khalid, Yodyansyah Putra (2020) PEMANFAATAN ANIMASI 2 DIMENSI UNTUK PENCEGAHAN COVID-19 DALAM BENTUK IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (466kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (58kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.02.0326-Yodyansyah Putra Khalid - Yodyansyah Putra Khalid.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) |
Abstract
Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional kelas 1 yang menjalankan 3 fungsi pilar yaitu pilar ekonomi, pendidikan, dan wisata. Dengan berjalannya kegiatan jual beli yang terjadi, sebanyak 6.000 pedagang setiap hari melakukan transaksi ekonomi dan turut menggerakkan roda perekonomian. Tetapi, pada masa pandemi seperti ini, pasar menjadi salah satu tempat yang cukup dikhawatirkan masyarakat karena pasar merupakan tempat terbentuknya kerumunan. Hal ini mengakibatkan maraknya wabah virus corona semakin besar risiko penularannya. Karena pasar menjadi salah satu denyut perekonomian, pasar harus selalu beroperasi karena pedagang harus tetap mencari nafkah melalui berdagang, petani pun harus menyalurkan hasil panennya ke pasar. Sementara masyarakat,harus tetap memenuhi kebutuhan pokoknya dari pasar. Metode pembuatan iklan ini ada 3 proses yaitu pra produksi, produksi dan pasca produksi. Untuk proses pra produksi, disini menentukan konsep visual, konsep warna, pembuatan storyboard, dan mempersiapkan alat dan bahan. Untuk proses produksi, di awali dengan perekaman suara karakter Pak Harjo, yang kemudian dilakukan penggambaran outline serta pewarnaan animasi. Dan untuk proses terakhir yaitu pra produksi, dilakukan penambahan sound effect, editing animasi, dan rendering. Telah dihasilkan sebuah iklan layanan masyarakat mengenai protokol kesehatan 3M dengan karakter Pak Harjo yang mana merupakan maskot Pasar Beringharjo Yogyakarta. Pembuatan iklan layanan masyarakat tentang pencegahan Covid-19 di Pasar Beringharjo berbasis animasi 2D tersebut dapat mempermudah masyarakat dalam memahami protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah, hal tersebut diperkuat dengan adanya wawancara dan kuisioner dari pedagang dan pembeli Pasar Beringahrjo.
Item Type: | Thesis (D3 - Diploma) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pasar Beringharjo, produksi, iklan, production, advertisement. Beringharjo market | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 20 Jun 2022 07:23 | ||
Last Modified: | 14 Aug 2023 07:43 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/1830 |
Actions (login required)
View Item |