Pradana, Lukas Davin (2023) REPRESENTASI TOLERANSI ERNEST DAN CÉLESTINE DALAM FILM ANIMASI ERNEST ET CÉLESTINE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (524kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (751kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (158kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0795 Lukas Davin Pradana 0795.pdf Restricted to Repository staff only Download (887kB) |
Abstract
Film adalah salah satu media massa yang populer di dunia termasuk di Indonesia. Meskipun pada awalnya film hanya berfungsi sebagai media hiburan, terutama bagi masyarakat menengah ke atas. Namun, saat ini film menjangkau banyak aspek terutama menjadi media edukasi. Tema yang jarang populer tapi bisa menjadi rekomendasi di kalangan sineas perfilman Indonesia salah satunya yaitu toleransi. Film juga memiliki banyak sekali konsepnya, salah satunya film animasi, yang dikenal sebagai salah satu bentuk karya seni dan budaya yang sangat populer dan dinikmati oleh hampir semua orang sebagai sarana hiburan maupun pembelajaran. Penelitian ini menganalisis tentang representasi toleransi kedua tokoh bernama Ernest dan Célestine pada film animasi Ernest Et Célestine, sebuah film animasi Prancis yang di produksi pada tahun 2012 dan di sutradarai oleh Stéphane Aubier, Vincent Patar, dan Benjamin Renner. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui representasi dan jenis-jenis toleransi apa saja yang ditunjukkan pada film animasi Ernest Et Célestine melalui kedua tokoh yaitu Ernest dan Célestine. Teori toleransi yang digunakan yaitu menurut Vogt (dalam Doorn). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa dokumentasi scene dari durasi dalam film animasi Ernest Et Célestine yang merepresentasikan toleransi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes, dalam teorinya terdapat makna denotasi, konotasi, dan mitos yang tersirat dalam makna toleransi pada film animasi Ernest Et Célestine. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, toleransi dalam film animasi Ernest et Celestine ada 3 jenis yaitu, 1) Toleransi moral, dalam bentuk membantu siapapun yang membutuhkan pertolongan secara privat atau personal, 2) Toleransi sosial, dalam bentuk penerimaan karakter dan bakat yang diperoleh sejak lahir atau sejak awal proses sosialisasi, dan 3) Toleransi politik, dalam bentuk dukungan dan penerimaan terhadap siapapun yang tidak disukai atau tidak populer di ruang publik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Representasi, Toleransi, Semiotika, Roland Barthes, Film Animasi | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 06 Apr 2023 01:28 | ||
Last Modified: | 28 Jul 2023 02:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/18283 |
Actions (login required)
View Item |